Menumbuhkan Rasa Sosial Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Kelompok

Isi Artikel Utama

Yuli Suhartini Nanik
Ratno Abidin
Naili Sa'ida

Abstrak

penelitian ini dilakukan pada peserta didik TK B TK’Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Surabaya dengan menggunakan penelitian kuantitatif pre eksperimental design dengan model one group pre test-post test. Instrumen yang digunakan adalah berupa lembar observasi, tes (pre test-post test), wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil melalui tehnik observasi pada saat proses kegiatan pembelajaran sebelum istirahat dengan memberikan perlakuan (treatmen) sebanyak lima kali. Untuk mengetahui kemampuan sosial peserta didik adalah melalui tes yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan (treatmen). Hasil penelitian diperoleh pre test sebesar 17.0, post test sebesar 24.5. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05 dengan jumlah sampel 8 anak diperoleh nilai T hitung = 0, T tabel = 3. Hal ini berarti ada pengaruh bermain dalam kelompok terhadap perkembangan kemampuan sosial anak usia dini di TK B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Surabaya. Terbukti anak mampu menerima pendapat teman dalam kelompok, anak mampu menerima hasil kerja teman dalam kelompok, anak mampu mengikuti kegiatan dengan teman dalam kelompok, anak mampu memecahkan masalah secara bersama-sama.

 

Kata kunci: Kemampuan sosial, anak usia dini.

 

Abstrack: the research was conducted on B‘Aisyiyah Bustanul Athfal 6 kindergarten students of Surabaya by using quantitative pre experimental research design with one group pre test-pos test. The instrument used is in form of piece of observation, test (pre test-pos test), interview and documentation. Man takes technique data through observation during the the process learning activities before break with give treatment five times. To understand the social students is through tests that were conducted before and after treatment. The result of research is the pre test is 17.0, post test is 24.5. The data analysis used The Wilcoxon test with an error rate 5% or 0,05 with using sample 8 children so we can get the value Thitung = 0, Ttabel = 3. The maining is there was influece of playing in group to grow the social early childhood in TK B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Surabaya. The proved are the children are able to accept friend’s opinion in grups, children are able to accept the works of frieds in groups, children are able to follow activities with friends in groups, children are able to solve the problem together.

 

Key words: Social skills, early childhood   

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arifin, Z. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia.
  2. Crow, L. D., & Crow, A. (1958). Educational Psychology. New York USA: American Book Company. Diterjemahkan Anggota IKAPI. (1984) Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu..
  3. Danar Santi, S.Psi. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia: PT Macanan Cahaya Cemerlang.
  4. Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini (tidak diterbitkan).
  5. Gunarti, W., Suryani, L., & Muis, A. (2014). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  6. Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif. Sekolah Kehidupan Yang Menyenangkan Untuk Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  7. Musfiroh, T., & Tatminingsih, S. (2015). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  8. Sugiyono, Dr., Prof. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Suyadi, & Maulidya. (2015). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Zaman, B., & Hernawan, A. H. (2014). Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.