PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL PADA BIDANG STUDI PKN KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MEMBANTU SISWA MENUNJUKKAN SIKAP POSITIF TERHADAP PENGARUH GLOBALISASI YANG TERJADI DI LINGKUNGANNYA

Isi Artikel Utama

hendrik pandu paksi

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL

PADA BIDANG STUDI PKN KELAS IV SEKOLAH DASAR

UNTUK MEMBANTU SISWA MENUNJUKKAN

SIKAP POSITIF TERHADAP PENGARUH GLOBALISASI YANG TERJADI DI LINGKUNGANNYA

 

Oleh : Hendrik Pandu Paksi

Dosen FKIP PG PAUD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Email : hendrikpandupaksi@yahoo.co.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media visual dalam bentuk permainan pada bidang studi PKN kelas IV sekolah dasar agar dapat membantu siswa menunjukkan sikap positif terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya serta mampu mempermudah guru dalam pembelajaran. Tujuan tersebut kemudian dirinci dalam indikator yang meliputi (1) kelayakan media, (2) respon siswa, (3) perkembangan sikap siswa, (4) penilaian guru, dan (5) respon guru.Permainan visual yang dimaksud adalah permainan kwartet dan mencari pasangan.

Penelitian ini terbatas pada pengembangan media visual dan penerapan media pada pembelajaran, tidak membahas pengaruh antara media yang dikembangkan dengan prestasi belajar karena faktor yang mempengaruhi prestasi bukan hanya media.Hasil penelitian tidak dilakukan penyebaran dalam skala yang lebih luas.Penelitian yang berpendekatan kualitatif dan berjenis pengembangan ini dilakukan melalui dua tahap.Tahap pertama adalah pengembangan media dan tahap kedua adalah penerapan media dalam pembelajaran. Tahap pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan perangkat tipe 4D dengan perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yang meliputi produksi media, validasi dari tim ahli, serta uji coba media. Sedangkan tahap penerapan media meliputi penggunaan media pada pembelajaran, pengamatan aktivitas siswa, serta evaluasi kemampuan afektif siswa.

SDN 1 Sumberingin Kidul Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung dipilih sebagai tempat penelitian.Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah respon siswa, perkembangan sikap siswa, penilaian guru dan respon guru.Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, wawancara, dan angket.Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kwartet dan kartu mencari pasangan yang dikembangkan sesuai dengan prosedur ilmiah dalam membuat suatu media pembelajaran dan layak diterapkan pada pembelajaran PKN di sekolah dasar, hal ini diperkuat dengan penilaian dari tim ahli yang menyatakan media bisa diterapkan dalam pembelajaran PKN. Media pembelajaran visual yang dikembangkan pada bidang studi PKN dapat membantu siswa menunjukkan sikap positif terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya, hal ini diperkuat dari respon yang diberikan siswa serta berkembangnya sikap positif siswa. Media yang dikembangkan juga mempermudah tugas guru dalam proses belajar mengajar, hal ini diperkuat dengan adanya penilaian guru dan respon guru terhadap media yang dikembangkan.

Kata-kata Kunci : media pembelajaran visual, permainan kwartet, permainan mencari pasangan, perkembangan sikap siswa, pengaruh globalisasi.

 

 

ABSTRACT

This study aims to develop visual media in the form of the game on the field of study PKN fourth grade school to help students demonstrate positive attitudes towards the impact of globalization is happening in their environment and able to facilitate the learning of teachers. The goal is then translated into indicators include (1) the feasibility of the media, (2) student responses, (3) development of student attitudes, (4) teacher assessment, and (5) the response of teachers. Visual game in question is a quartet game and looking for a partner.

The research was limited to the development of visual media and media applications on learning, not to discuss the influence of media developed by the learning achievement due to factors that affect the achievement is not just the media. The results did not spread in a wider scale.

The development of qualitative research conducted manifold through two stages. The first stage is the development of media and the second stage is the application of media in learning. Stage of development in this study adopted the model of software development with change of type 4D tailored to the needs of research include media production, validation of the expert team, as well as test media. While the implementation phase of the media covering the use of instructional media, observation of student activities, and evaluation of students' affective skills.

SDN 1 Sumberingin Kidul Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung chosen as a research site. Necessary data in this study is the response of students, development of student attitudes, teacher assessment and teacher feedback. To obtain the data used method of observation, interviews, and questionnaires. Data collected and analyzed using descriptive analysis and percentages.

The results showed that the media quartet and the looking for partners card who developed in accordance with scientific procedures in creating a viable learning medium and applied to learning PKN in elementary school, is reinforced by the assessment of a team of experts who claim the media can be applied in PKN teaching. Visual learning media which was developed in the field of study PKN can help students demonstrate positive attitudes towards the impact of globalization occurring in the environment, it is reinforced from the student responses provided and development of positive attitudes of students. Media developed also simplifies the task of the teacher in teaching and learning, this is reinforced by the judgments of teachers and teacher responses to the media developed.

 

Keywords:media visual learning, the quartet game, the game looking for a partner, developing students' attitudes, the influence of globalization.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  3. Badawi, Ahmad. 1985. Kelompok Belajar sebagai Teknik Bimbingan dan Penyuluhan Metode pengajaran. Yogyakarta: Penerbit FIP-IKIP.
  4. Corner, Teacher Creative. 2011. Karakteristik Siswa. Media dan Metode Pembelajaran di SD. http:// baliteacher .blogspot. com/ 2011_02_12_archive. html
  5. Dale, E. 1969. Audiovisual Methos in Teaching. (Thirrd Edition). New York : The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston,Inc.
  6. Daryanto. 1993. Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Tarsito Bandung.
  7. Hamalik, Oemar, 1986, Media Pendidikan, Bandung, Penerbit Alumni
  8. Heinich, dkk. 2002. Instructional Media and Tecnologies for Learning, Seventh Edition. Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohio. Merrill Prentice Hall
  9. Sadiman, Arief. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada