PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI PAUD

Isi Artikel Utama

Ahmad Idris asmaradhani

Abstrak

PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER  DI PAUD

 

Ahmad Idris Asmaradhani

Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

 

ABSTRAK

Karakter dapat dipahami sebagai kebiasaan yang terpola. Karakter juga merupakan kualitas-kualitas yang teguh dan khusus yang dibangun dalam kehidupan seorang yang menentukan responnya tanpa pengaruh kondisi-kondisi yang ada. Dalam makalah ini dibahas bahwa karakter merujuk kepada aplikasi nilai-nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku yang bersifat nyata. Orang yang berkarkter secara alami akan merespon situasi secara moral, yang dimanifestasikan dalam tindakan nyata melalui tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati orang lain serta sikap mulia lainnya. Jadi, karakter yang kuat dibentuk oleh penanaman nilai yang menekankan tentang baik dan buruk. Karakter erat kaitannya dengan habit atau kebiasaan yang dilakukan secara terus -menerus. Jadi konsep yang dibangun dari model ini adalah kebiasaan berpikir, kebiasaan berperasaan, dan kebiasaan melakukan sesuatu. Diskusi dalam makalah ini beragumen bahwa karakter yang berkualitas merupakan respon terhadap kejadian berulang yang sudah teruji berkali-kali. Argument lainnya adalah bahwa dengan pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosi dan sosialnya. Analisis dalam makalah ini juga berujung argumen bahwa pendidikan karakter perlu disiapkan sedini mungkin, ketika anak didik masih di PAUD.

 

Kata kunci: berbagi, kehidupan seimbang, makna metaforis, PAUD

 

ABSTRACT

Characters can be understood as patterned habits. The character is also the qualities that built firm and specialized in the life of which determines its response without the influence of there conditions. Discussed in this article refers to the application that the character values of kindness in the form of action or behavior that is real. The person of character will naturally respond morally situation, which is manifested in real action through good behavior, honest, responsible, respectful of others and other noble attitude. So, a strong character shaped by values that emphasize the cultivation of good and bad. The character is closely related to habit or custom made continuously.

 

Keywords: sharing, life balance, meaning metaphorically, early childhood

Rincian Artikel

Referensi

  1. Ann. “All I Really Need to Know I learned in Kindergatenâ€. UK: Wikimedia Inc., 2011. Retrieved from: http://en.wikipedia.org/wiki/All_I_Really_Need_to_Know_ I_Learned_in_Kindergarten
  2. Ann. “Progressive Education: Philosophical Foundation, Educational Progressivism, Adminsitration Progressivism, and Life-Adjustment Progressivismâ€. 2011. Retrived from: http://education.stateuniversity.com/pages/2336/Progressive-Education.html
  3. Ann. “Selected Robert Fulghum Quotationsâ€. Brainy Quote: Book Rags Media Network, 2001-2011. Retrieved from: http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/r/robertfulg382303.html
  4. Berurin. “Mengenalkan Anak pada Allahâ€. 2011. Retrieved from: http://berurin.multiply.com/journal/item/9
  5. Dhiaulhaq, Ahmad. “Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat Muslimâ€. Jakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. 2002. Retrieved from: http://mimbarmasjid.tripod.com/sembilanbelas.htm
  6. Fulghum, Robert. All I Really Need To Know I Learned In Kindergarten. New York: Villard Books, 1990.
  7. Fulghum, Robert. “All I really Need to Know I Learn in Kindergatenâ€. A guide for Global Leadership. 2011. Retrieved from: http://www.robertfulghum.com
  8. Fulghum, Robert. “All I Really Need to Know I Learned in Kindergarten: Summary & Study Guide Descriptionâ€. Robert Fulghum Copyright, 2011. Retrieved from: http://www.bookrags.com/studyguide-all-i-really-need-to-know-i-learned/
  9. Ramania. “Mendidik Anak Sesuai Jamannyaâ€. Ramanaiya Online. Copyright: 2009. Retrieved from: http://www.ramaniyaonline.com/ramaniya/index.php?