Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Pada Kelompok B Ra Roudlotul Ulum Mojosari

Isi Artikel Utama

UMI ALFIYAH

Abstrak

Abstrak: Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk mengoptimalkan perkembangannya. Untuk itu diperlukan stimulasi dan pembinaan yang tepat agar potensi yang ada pada diri anak dapat berkembang dengan maksimal. Dari observasi awal yang telah dilaksanakan peneliti bersama teman sejawat, bahwa kenyataan di lapangan diperoleh data dari 25 anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 13 anak perempuan tersebut terdapat beberapa anak yang menunjukkan keterlambatan dalam kemampuan motorik halusnya, ditandai anak belum mampu menggerakkan tangannya untuk melipat dengan baik, salah satu metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Roudlotul Ulum Mojosari berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. siklus I diperoleh data 44% dan siklus II diperoleh data 80% sehingga kriteria yang diharapkan tercapai.

 

Kata Kunci : Motorik Halus dan Melipat

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Y rama Widya.
  2. Arikunto, Suharsini. 2010. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
  3. Badudun J.S, Sutan Muhammad. 1996, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
  4. Bahri, Djamarah 2008. Metode Demonstrasi Anak Usia Dini TK dan RA. Jakarta : Universitas Terbuka.
  5. Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
  6. Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas.
  7. Drs. MS. Sumantri, 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas,Dirjen Dikti.
  8. Gunarti, Suryani dan Muis. 2008. Metode Pengembangan Perilaku DanKemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
  9. Hardjadinata, Yohana. 2009. Batiaku Mandiri. Jakarta: Dian Rakyat
  10. Indarti, dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
  11. Karmachela, Hira. 2008. Origami dan Anak. Surabaya : Insan Cendekia. Hal: 1. 7. Sumanto. 2006.