Pengembangan Media Flashcard untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Nabilah Nurdina Ramadhani
Khusniyati Masykuroh

Abstrak

Kondisi lingkungan di Indonesia yang bisa dikatakan sangat kritis akibat ulah perilaku manusia yang berbuat kerusakan di muka bumi. Karakter peduli lingkungan penting untuk diajarkan sejak anak usia dini untuk menumbuhkan nilai-nilai kesadaran lingkungan sebagai upaya untuk mencegah kerusakan alam di sekitar. Dengan menanamkan karakter peduli lingkungan sejak usia dini, diharapkan kelak dewasa mereka menjadi pribadi yang peduli lingkungan dan mampu menjaga bumi dari kerusakan. Keterbatasan media pembelajaran untuk membangun karakter peduli lingkungan di lapangan mendorong peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media flash card yang membangun karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang melibatkan tahapan-tahapan dengan lima langkah yang terdiri: (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplement, (E)valuate. Penelitian menghasilkan media flash card  yang membangun karakter supaya anak lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dengan mengenalkan perilaku menyayangi binatang, menyayangi tanaman, memilah sampah, menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan barang yang bisa dipakai ulang, mengurangi penggunaan plastik, dan hemat energi. Hasil validasi media flash card yang dilakukan oleh ahli materi menghasilkan skor 90% yang artinya sangat valid. Hasil validasi ahli media menghasilkan skor 81% yang artinya valid, validasi oleh guru menghasilkan skor 86% yang artinya sangat valid, dan hasil validasi oleh orangtua menghasilkan skor 90%. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa flash card tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., & Dll. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
  2. Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 586–595.
  3. Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
  4. Bowo, T. A., & Budiati, B. (2019). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Menggunakan Flascard Berbasis Pancasila Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(2), 59–74. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i2.3362
  5. Cholil, S. R., Hidayati, N., & Khoirudin. (2020). Peningkatan Kemampuan Membuat Desain Grafis Dengan Corel Draw Pada Siswa Ma Al-Wathoniyyah Semarang. 1-2.
  6. Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Universitas Islam Negeri Raden Fatah, 3.
  7. Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1029-1030.
  8. Hamer, W., & Rohimajaya, N. A. (2018). Using Flash Card as Instructional Media to Enrich the Students’ Vocabulary Mastery in Learning English. Journal of English Language Studies, 3(2), 167. https://doi.org/10.30870/jels.v3i2.3875
  9. ICCTF. (2019). Indonesia Climate Change Trust Fund.
  10. Lickona, T. (2014). “My 45-Year Journey as a Moral and Character Educator: Some of What I Think I’ve Learned, Character and Virtues". England: University of Birmingham.
  11. Maemonah , S. (2020). Pengembangan Media Flashcard Padapembelajaran Pai Ayat Tentang Toleransi Di Sman 1 Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2020. 26-27.
  12. Mahoney, D. J. (2018). Lean learning using the ADDIE Model. Retrieved from https://mcgill.skillport.com/skillportfe/main.action?path=summary/BOOKS/144840
  13. Munasti, K., Fakhriah, & Saptiani. (2020). Pengembangan Bag Book Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 89.
  14. Nengsi, M. I., & Eliza, D. (2019). Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Anak Dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru. Journal On Early Childhood, 31-32.
  15. Öztürk, D. K. (2010). Preschool Children’s Attitudes Towards Selected Environmental Issueus. The Graduate School of Social Sciences of Middle East Technical University.
  16. Purwanti, R., Aslamiah, Suriansyah, A., & Dalle, J. (2018). Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah. European Jurnal of Education Studies, 5, 27. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494188
  17. Ratna Nurlita Hening, W., & Mustikaningtyas, D. (2013). Pengembangan Modul Hubungan Antar Komponen Ekosistem Berbantuan Flashcard Untuk Menumbuhkan Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa Smp. Unnes Science Education Journal, 2(2).
  18. Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2258
  19. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010
  20. Rohani, & Karo-Karo S, I. R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Uinsu, 94.
  21. Sudjana, N., & Rivai, A. (2021). Media Pembelajaran Flashcard Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Iain Kudus, 19-20.
  22. Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Genius Indonesian Jurnal Of Early Childhood Education, 38-39.
  23. Wakhidah, K., & Adiarti, W. (2014). Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Konservasi Terhadap Karakter Peduli Pada Lingkungan Anak Usia Dini. Early Childhood Education Papers ( Belia), 39-40