Keterlibatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Laki-laki dalam Sistem dan Layanan Pendidikan Bagi Anak Usia Dini di Kota Salatiga dan Sekitarnya

Isi Artikel Utama

Dian Maya Andika
Ajeng Ayu Widiastuti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan keterlibatan pendidik dan/atau
tenaga kependidikan laki-laki dalam memberikan layanan pendidikan bagi Anak Usia Dini di lembaga
PAUD yang ada di Kota Salatiga dan sekitranya. Hadirnya sosok pendidik laki-laki dalam sistem
pendidikan anak usia dini akan berpengaruh terhadap pola dan sistem pendidikan itu sendiri serta fungsi
pengasuhan yang melibatkan sosok ayah. Meski masih diselimuti tantangan, namum hadirnya sosok
pendidik laki-laki dapat merefleksikan bagaimana hierarki masyarakat sosial harus mendekonstruksi
ulang tatanan sosial masyarakat sosial yang adil gender. Lokasi dalam penelitian ini adalah lembaga
Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Salatiga dan sekitarnya. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman melalui tahapan reduksi data,
penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pendidik
dan/atau tenaga kependidikan laki-laki di lembaga PAUD memiliki peran dalam proses penyelenggaraan
pendidikan seperti pada kegiatan pembelajaran, administrasi dan juga majaerial lembaga. Hadirnya para
pendidik dan/atau tenaga kependidikan di PAUD yang terdapat di Kota Salatiga dan sekitarnya diterima
secara positif oleh rekan pendidik dan/atau tenaga kependidikan lain , orang tua peserta didik dan juga
masyarakat secara luas.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Dian Maya Andika, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Stya Wacana Salatiga.

Mahasiswa

Referensi

  1. Dianita, Evi Resti. 2020. Indonesian Journal of Early Childhood Education : Stereotip Gender Dalam Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Jember. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2020.
  2. Hayati, Miratul; Yubaedi Siron; dan Erma Hermawati. 2021. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini : Strategi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Melibatkan Guru Laki-Laki. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol. 6 (1), Maret 2021 (11-24). DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-02
  3. Lestari, Maya dan Hani Yulindrasari. 2019. Proceedings of the International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019) : Gender and Reading Literacy in Early Childhood. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
  4. Maulana, Redi Awal; Euis Kurniati, dan Hani Yulindrasari. 2020. Jurnal Ilmiah PTK PNF : Apa yang menyebabkan rendahnya keberadaan guru laki-laki di PAUD ?. Program Studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Pendidikan Indonesia. Volume. 15 Issue. 1, Juni 2020. Doi : doi.org/10.21009/JIV.1501.3
  5. Mukhlis, Akhmad. 2019. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak : Dominasi Guru Perempuan dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Presepsi Stakeholder. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Volume 5 Nomor 2, Desember 2019, Halaman 117 – 134. DOI: http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.2019.52-01
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum pendidikan Anak Usia Dini.
  8. Ritonga, Rizki Amaliah dan Panggung Sutapa. 2020. Jurnal Obsesi : Literasi dan Gender: Kesenjangan yang Terjadi di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 965-974. DOI : 10.31004/obsesi.v5i1.749.
  9. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
  10. Utomo, Susilo Setyo dan Uni Ekowati. 2019. Habitus Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi : Pendidikan Responsif Gender Bagi Anak Usia Dini. Program Studi Antropologi Sosial Universitas Muhammadiyah Kupang. Vol. 3 No. 1 Tahun 2019 hal. 41-50. ISSN: 2597-9264.