Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Tahun Ajaran 2021/2022

Wardah Suweleh, Dian Karina Rachmawati

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kemampuan membaca siswa kelompok  A yang diajarkan dengan  menggunakan media gambar lebih baik dari pada siswa yang diajarkan tidak menggunakan media gambar. Pada pembelajaran membaca, mengembangkan kemampuan membaca siswa banyak cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajak siswa bermain dengan kartu gambar.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok TK A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah seluruh siswa 15 anak. Subjek penelitian sejumlah 15 anak siswa diambil dari Kelompok TK A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan mulai dari siklus I sampai siklus II, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca menggunakan media gambar, dan di analisis dengan statistik pendidikan melalui rumus persentase yang menggunakan frekuensi relatif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan histogram.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus menggunakan media gambar mengungkapkan bahwa ketuntasan belajar membaca diantaranya, memusatkan perhatian sebanyak 86% dari 15 siswa, mengenal gambar dan huruf sebanyak 80% dari 15 siswa, dapat membaca gambar sebanyak 80% dari 15 siswa. Media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar.

Kata kunci: peningkatan, media gambar, kemampuan membaca

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intellegence diIndonesia. Bandung : PT. Mizan Pustaka Anggota IKAPI.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Permainane Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Pedoman Administrasi Program Pengajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikuluem Standar Kompetensi. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Petunjuk Penilaian Bina Kreatifitas TK. Jakarta.

Djamara, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fanu, Le James. 2008. Deteksi Dini Masalah Psikologi Anak Terjemahan Irham Ali Syaifuddin. Jogjakarta : Think.

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta : Divapress Anggota IKAPI.

Hariyadi, Moh. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.

Hariwijaya, M dan Atik Sustiwi. 2008. Buku Pintar Kreatif 1001 Pendekatan Multiple Intellegence Anak Prasekolah. Yogyakarta : Elmatera Publishing.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Martuti, A. 2009. Mendirikan dan Pengelolaan PAUD. Jogjakarta : Kreasi Wacana.

Muller, Stephanie. 2006. Panduan Belajar Membaca dengan Benda Disekitar Kita Untuk Anak Usia 3-8 Tahun. Terjemahan Teuku Kemal Husein. Jakarta : Erlangga. PT. Glora Aksara Pratama.

Mahayoni dan Hendrike Lim. 2008. Anak VS Media Kuasailah Media Sebelum Anak Anda Dikuasainya. Jakarta : PT. Elex Media Kompetindo Kelompok Gramedia.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2009. Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Gramedia Sarana Indonesia. Prasetyono, DS. 2008. Metode Membuat Anak Cerdas Sejak Dini. Jogjakarta : Think.

Safaria, Traintoro. 2008. Succesful Intelligence Cara Mudah Menumbuhkembangkan Kecerdasan Sukses Anak Anda. Jogjakarta : Arti Bumi Intaran.

Sagala, Syaiful DR. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : ALFA BETA Anggota IKAPI.

Uno, HamzahB. DR. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajarane. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Yani Mulyani dan Juliskan Gracinia. 2007. Kemampuan Berbahasa Sains dan Matematika. Jakarta : PT. Elex Media Kompetindo Kelompok Gramedia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12834

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.