Upaya Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Permainan Tebak Nama Karakter (Hewan) Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di Sd Negeri 2 Suru Nganjuk

Isi Artikel Utama

Anik Anik Purwanti
Ratno Abidin
Naili Sa'ida

Abstrak

ABSATRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengembangan Bahasa Ekspresif Melalui Permaianan Tebak Nama Karakter Hewan Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di SDN 2 Suru Nganjuk. Permaian Tebak Nama Karakter (hewan) ini  menjadi upaya meningkatkan perkembangan dalam bahasa anak usia 6-7 tahun di SDN 2 Suru Nganjuk. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai rata-rata Pretest dan posttest yang mengalami peningkatan, dari 36,94 menjadi 51,25. Setelah dilakukan uji Wilcoxon diperoleh hasil 0,002 yang menunjukan bahwa hasil tersebut  0,05 sehingga hiptotesis dapat diterima, atau dapat dikatakan terdapat pengaruh dari sebelum dan sesudah diberikannya perlakukan yaitu permainan tebak nama karakter hewan. hal ini terlihat dari kemampuan siswa saat berkomunikasi, mereka sudah bisa menggungkapkan ide atau pendapatnya, dan ketika bermain sebagai penebak nama gambar ataupun sebagai peniru karakter dari hewan, anak dapat menunjukkan ekspresi melalui bahasa verbal dan gerakan tubuh dengan baik, serta dapat menggunakan kosa kata kalimat dengan benar dan penuh percaya diri.

KATA KUNCI: permaian tebak karakter, bahasa eskpresif, anak usia dini

ABSTRACT: The purpose of this study is to determine the development of expressive language through the game of guessing the names of animal characters for children aged 6-7 years at SDN 2 Suru Nganjuk. The Guessing the name of Character (animal) game is an effort to improve the language development of children aged 6-7 years at SDN 2 Suru Nganjuk. The method used in this research is quantitative with observation as the data collection techniques. The data are analyzed using Wilcoxon test. The results showed that the average value of the pretest and posttest has increased, from 36.94 to 51.25. After doing the Wilcoxon test, the result is 0.002 which shows that the result is  0.05. It means that the hypothesis can be accepted, or it can be said that there is an influence of before and after the treatment, namely the game of guessing animal character names. This can be seen from the ability of students in communication. They are able to express their ideas or opinions, and when playing as a guesser of picture names or as imitators of characters from animals, children can show expressions through verbal language and body movements as well, and can use vocabulary correctly and confidently.

KEYWORDS: Character Guessing Game, Expressive Language, Early Childhood.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ratno Abidin, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dekan,Dosen

Naili Sa'ida, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen

Referensi

  1. Dwiredy, Meisi et al. 2016. “PENGARUH PERMAINAN TEKA-TEKI GAMBAR.†(20): 108–18.
  2. Ips, Pelajaran, and D I Kelas. 2019. Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Dalam Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
  3. Iv, B A B, and Deskripsi Lokasi Penelitian. 2018. “Triharjo Sleman Yogyakarta.†: 84–114.
  4. Janeiro, D O R I O D E. 2018. “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.†(21): 1–9.
  5. Kementerian Pendidikan Nasional. 2014. “Permendikbud No 146 Tahun 2014.†ببب 8(33): 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf.
  6. Oktiwi Universitas Negeri Yogyakarta. 2017. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA AUTIS KELAS VI SD DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL- QUR ’ AN YOGYAKARTA Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagia.â€
  7. Pasanea, Marsye Ruth Hendria, I Wyn Sujana, and I Gst Agung Oka Negara. 2015. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Flip Chart Pada Anak Kelompok B1 Tk Ikal Widya Kumara.†PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha 3(1): 1–11.
  8. Pendidikan, Menteri, D A N Kebudayaan, and Republik Indonesia. 2014. “No Title.â€
  9. Sa’ida, Naili. 2018. “Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini.†Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 16.
  10. Suparlan. 2019. “Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan.†Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran 1(2): 12–15.
  11. Susanti, Melisa Eka. 2018. “Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
  12. Yasmin, Dwisty Utari. 2017. “PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DAN PENGENDALIAN BIAYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studipada PT. INTI (Persero) Bandungdan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung).†Http://Repository.Unpas.Ac.Id/ 53(9): 105.