Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Kreasi Bahan Alam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 6-7 Tahun SDN 15 Segedong Kabupaten Bengkayang

Isi Artikel Utama

Eka Kurniasih

Abstrak

ABSTRAK.:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Kreasi Bahan Alam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 6-7 Tahun SDN 15 Segedong Kabupaten Bengkayang. Media wayang kreasi bahan alam ini  menjadi upaya meningkatkan perkembangan dalam bahasa anak usia 6-7 tahun di kelas 1 SD Segedong. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan yang dianalisis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai Thitung <Ttabel (12<34) dengan taraf signifikan 5% sehingga terdapat Pengaruh Media Wayang Kreasi Bahan Alam Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 6-7 Tahun yang ditunjukkan dengan anak sudah mampu untuk menunjukkan reaksi dari kata baru yang didengarnya,anak mampu menunjukan kosa  kata baru dan anakmenyampaikan pertanyaan dengan gaya bahasa baru. Kemampuan bahasa yang dicapai, anak mampu membawakan cerita dengan menggunakan media tersebut dengan gaya bahasa anak itu sendiri.

KATA KUNCI: wayang,bahan alam ,perkembangan bahasa

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Eka Kurniasih, Universitas Muhammadiyah Surabaya

mahasiswa

Referensi

  1. Ariyani, A. P. P., Agung, A. A. G., & Antara, P. A. (2018). KELOMPOK B Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidika. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 323–332.
  2. Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14
  3. Aprilia,P.A (2016). Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak.
  4. Devanti, K. A. (2020). Pengaruh Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Menyimak Di RA Al-Huda Kedonglo Nganjuk.
  5. Fauziah, N. (2013). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jiv, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.4
  6. Hanita1, a. A. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MEMANFAATKAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DINI. Volume 4, Nomor 2, Juli 2021, pp. 43-50 , 4, 43-50.
  7. Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62–69.
  8. Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796
  9. Lukmanulhakim M; Hasanah, Nurul, L. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Lokal Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 8, No 11 (2019): Nopember 2019, 1–8. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37696
  10. Mufidati, Ratno Abidin, Naili Sa’ida 2018, P. M. P. M. T. P. K., & VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINi, J. A. U. D. dan P. A. U. D. (2018). Pengaruh media pick me terhadap perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini. 4, 23–35.
  11. Mamada A. (2018). Program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah prof. dr. hamka 2018.
  12. Naili S, 2018.PERKEMBANGAN REGULASI DIRI ANAK USIA DINI: PERANAN KEMAMPUAN, & BERBAHASA DAN REGULASI DIRI PADA PEMBELAJARAN, J. P.-P. T. (2018). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 5.
  13. Nurjanah, E., Masidah, I., & Fifiet, F. (2019). Pengaruh Ape Dari Bahan Alam Terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 7. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p7-12
  14. Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No 1 (2017): Paud Lectura, 49–57. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/503
  15. Subagiyo, R. (2017). Metode Penelitian Ekonomci Islam. Alim’s Publishing, 37–50.
  16. Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2017). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap SKRIPSI.
  17. Tri M, S. H. (2015). Pemanfaatan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan Cerita Narasi. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 4(2).
  18. Wonosobo, P. W.(2020). PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA (Penelitian pada Siswa Kelas II SDN 1 Plunjaran Wadaslintang Wonosobo).