Pengaruh Metode Eksplorasi Lingkungan Terhadap Perkembangan Sains Pada Anak Tk B (5-6 Tahun) Di TK Bunga Bangsa Pacet

Nina Veronica, Sofi Yunanti

Sari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksplorasi lingkungan terhadap perkembangan sains anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Pada penelitian ini mengambil populasi dari anak kelas B di TK Bunga Bangsa yang berjumlah 42 anak dan dibagi menjadi kelas B1, B2, dan B3. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Kelas B1 (Eksperimen) dan kelas B3 (kelas control). Masing – masing kelas berjumlah 14 anak sebagai sampel penelitian. Hasil dari nilai R (korelasi) sebesar 0,755, hal tersebut ada di kategori kuat/tinggi. Sedangkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,570 yang berarti 57,0% artinya variabel dependen peningkatan pengetahuan sains dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu eksplorasi lingkungan. Sedangkan sisanya 43,0% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam model tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kuat antara pendekatan eksplorasi lingkungan terhadap peningkatan pengetahuan sains anak usia dini di TK Bunga Bangsa Pacet.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abruscato, Joseph. 1996. Teaching Children Science-A Discovery Approach 4th Edition. USA: A Simon & Schuster Company.

Carin, A. A. & Robert B. Sund. 1989. Teaching Science Through Discovery. Ohio: Merrill Publishing company.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafiindo. Persada.

Fowler, H. W., Fowler, F. G. 1951. The Concise Oxford Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.

Gita, R.S.D., 2018, Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam Di Tk Ar-Rahim Jember https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/139/142.

Hamzah B. Uno & Nurdin Muhammad 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM . Jakarta. PT Bumi Aksara.

M. Burhan Bungin. 2005.Metodologi Penelitian Kuantitatif .Jakarta: Prenada Media.

Maharani, A. dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Perkembangan Pemahaman Konsep Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak FKIP Universitas Lampung. 4 (2).

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sukmadinata, N.S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.