PENERAPAN DISIPLIN SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

Anisa Yunita
Fitri Rofiyarti

Abstrak

Pendidikan  karakter  disiplin  perlu  ditanamkan  semenjak  dini,  anggapan  bahwa  anak  usia  dini belum perlu diperkenalkan disiplin karena masih terlalu muda adalah anggapan yang tidak tepat. Karena  karakter  merupakan  sikap  atau  watak  yang  akan  terus  melekat  pada  anak  sampai  anak dewasa.  Manusia  merupakan  makhluk  monodualis,   yaitu    manusia  sebagai  makhluk  individu sekaligus  sebagai  makhluk  sosial.  Menerapkan  disiplin  kepada  anak   bertujuan  agar anak dapat berperan  sebagai  makhluk  sosial  karena  akan  bersinggungan  antara  kehidupan  individual  anak dengan   kehidupan   sosial   bermasyarakat,   sehingga   anak   harus   terampil   dan   terlatih   untuk berdisiplin  agar  dapat  menyesuaikan  kehidupan  dalam  bermasyarakat.  Anak  dapat  membentuk perilaku   sesuai dengan peran-peran yang ditetapkan kelompok budaya, tempat individu itu diidentifikasikan.  Karena  tidak  ada  pola  budaya  tunggal,  pergesekan  dengan  lingkungan  sosial tidak dapat dihindari,  agar anak dapat masuk dalam lingkungan  sosial maka diperlukan  karakter yang dapat diterima oleh lingkungan sosial.

 

Kata Kunci:anak usia din, disiplin, pendidikan karakter

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Anisa Yunita, anisa.yunita@narotama.ac.id

Universitas Narotama

Fitri Rofiyarti, Universitas Narotama

Universitas Narotama

Referensi

  1. Brewer, Jo Ann.2007. Introduction To Early Childhood Education:Preschool
  2. Throught Primary Grades.
  3. USA:Pearson education.Inc
  4. Covey, Stephen R. (Aih bahasa: Budijanto). 1997. Tujuh Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif. Jakarta: Bina Rupa Aksara
  5. Dweck, Carol.2006. Mindset: The New
  6. psychology of success
  7. Ekowarni, E. 2005. Peranan Stimulasi Psikologis Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Buleti PADU, Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Edisi Khusus
  8. Jakarta: Direktoral
  9. PAUD
  10. Euis, Sunarti. 2004. Mengasuh Anak Dengan Hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  11. Hetherington, E.M & Parke, R.D.
  12. (1999). Child Psychology (5th Edition). USA: Mcgraw-Hill Collage.
  13. Hurlock, E.1991. Psikologi Perkembangan Anak . Jilid 1 (Terjemahan ). Jakarta: Penerbit Erlangga
  14. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak, (Alih Bahasa Oleh Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga
  15. Jamaris, Martini. 2005. Perkembangan
  16. dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo
  17. Mini, Rose.2011. Disiplin Pada Anak.
  18. Jakarta:Kemendiknas
  19. Morrison, George, S. 2012. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks
  20. Nurwanti, Sri. 2011. Pendidikan
  21. Karakter. Yogyakarta: Familia(Grup Relasi Inti Media)
  22. Papalia, Diane E., Dkk. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta:Kencana
  23. Prastiti, Wiwien Dinar. 2007. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks
  24. Shapiro, Laurance S. 1999. Mengejeja Emosional Intelegensi Pada Anak. Jakarta: Gramedia
  25. Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks
  26. Wibowo, Timoty. 2010. 6 Cara Mendisiplinkan Anak. (ebook online)
  27. Wiyani, Novan Ardy. 2014.
  28. Mengelolah Dan
  29. Mengembangkan Kecerdasan
  30. Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media