PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TAMAN KANAK-KANAK INKLUSI TIJI SALSABILA KOTA PADANG

Isi Artikel Utama

Sri Hartati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk layanan yang diberikan Taman Kanak-Kanak (TK) terhadap anak berkebutuhan khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperolehlah hasil penelitian bahwa layanan yang diberikan guru kelas dan Guru Terapi Pendidikan Khusus terhadap anak berkebutuhan khusus di Taman Kanak-Kanak Tiji Salsabila Padang dengan waktu yang berbeda. Guru Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang berperan dalam memberikan layanan yang sama terhadap anak, baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran di kelas, kecuali terhadap anak yang membutuhkan guru pendamping khusus seperti anak hiperaktif. Guru TK memberikan bantuan terhadap anak berkebutuhan khusus dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing hanya seadanya karena guru TK berlatar belakang pendidikan PGPAUD, sehingga guru TK tidak memiliki pengetahuan dalam melayani anak berkebutuhan khusus sesuai dengan yang seharusnya. Berdasarkan hal tersebut disarankan pada instansi terkait bahwa Guru di TK Inklusi Tiji Salsabila hendaknya diberikan pendidikan dan pelatihan tentang pendidikan inklusi sehingga guru memiliki kemampuan dalam melayani anak berkebutuhan khusus yang ada pada kelas inklusi dan pada perguruan tinggi khususnya pada Jurusan PGPAUD hendaknya ada mata kuliah pendidikan inklusi yang akan memberikan bekal bagi mahasiswa dalam melayani anak berkebutuhan khusus.  

Kata Kunci: layanan sekolah; anak berkebutuhan khusus.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Sri Hartati, Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang

Referensi

  1. Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Arruz Media.
  2. Moleong, Lexy J. 2006. Metode penelitian kulaitatif; Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 70 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulim 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
  6. Peraturan Presiden No 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik – Integratif.
  7. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Tarmansyah. 2010. Layanan bagi Individu yang Mengalami Gangguan Perkembangan Bahasa, Bicara, Suara-Kelancaran. Padang: UNP Press.
  9. Wulandari, Rini. 2013. Teknik Mengajar Siswa dengan Anak berkebutuhan khusus dan Bahasa. Yogyakarta: Genius Publisher.
  10. Yamin, Muhammad dan Sanan. 2013. Panduan PAUD. Jakarta: Referensi.