PERMAINAN DAKON WRITING THERAPY UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MENULIS ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 33 SURABAYA

Shihiyah Zuhrita, Nidia Mufidati

Sari

Mengungkapkan ide gagasan dan perasaan melalui tulisan seringkali menjadi salah satu cara untuk mengkomunikasikannya dengan orang lain. Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang memiliki peranan dalam hal komunikasi sehingga menjadi penting untuk dikembangkan dan dilatih sejak anak usia dini sebab pada usia ini manusia mengalami masa yang disebut usia emas dimana tingkat daya ingat dapat bertahan lebih lama jika pengetahuan diberikan pada usia dini dibanding pada usia selanjutnya. Akan tetapi keterampilan menulis bukanlah aspek yang ditekankan di usia prasekolah namun kegiatan pengembangan kemampuan menulis dapat dilakukan dengan mengombinasikan pada salah satu permainan yang menarik bagi anak sehingga tetap tidak menuntut anak untuk berfikir keras dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Dalam mengembangkan kemampuan dasar menulis pada anak, sebaiknya guru terlebih dulu melakukan latihan melalui berbagai macam kegiatan dan permainan yang dapat mengembangkan motorik halusnya seperti meronce, merobek kertas, juga dalam hal ini permainan dakon dirasa memiliki keefektifan karena juga melibatkan otot jari dan fokus pada jari jempol dan telunjuk yang akan digunakan untuk memegang pensil. Kemudian langkah berikutnya guru melatih anak untuk memegang pensil dengan cara yang benar dan mulai mencoret bebas, menebali, menarik dan membuat garis. Dengan demikian anak sudah memiliki pijakan dan menulis akan lebih muda serta menjadi kegiatan yang menyenangkan.

 

Kata kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Dasar Menulis, Motorik Halus, Permainan 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ardhani, Riesharini. 2011. Buku Pintar Ibu Dan Bayi. Jakarta: Bukune’

Harefa Andrias, 2010. Happy Writing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Juliansyah. Noor. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Mutiatin, Agustin. (2010). Bermain Congklak. Jurnal Online diAkses Pada 01 November 2017 https//id.scribd.com/document/3471756/congklak

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.