BERMAIN PERAN BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

Aisyah .

Abstrak

Pengembangan kemampuan berbicara anak usia pra-sekolah, guru dan orang tua harus meperhatikan prinsip perkembangan anak dan berorientasi pada kebutuhan anak seperti bermaian sambil belajar atau belajar sambil bermain. Bermain merupakan pendekatan yang efektif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Upaya-upaya pendidikan yang diberikan oleh pendidik hendaknya dilakukan dalam situasi yang menyenagkan dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan dan media yang menarik serta mudah untuk diikuti anak. Bermain peran adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan beragam potensi dalam diri anak, seperti perkembangan berbicara anak yang sangat menarik untuk diperhatikan, sehingga kita dapat mengetahui berbagai perkembangan bahasa dan perilaku yang dilakukannya, mulai dari perkembangan ucapan- ucapannya sampai mereka bisa bicara dengan kata-kata dan kalimat-kalimat yang diucapkannya. bermain peran berpengaruh terhadap perkembangan bicara anak yaitu dapat melatih anak berbicara lancar, melakukan bermain peran akan lebih menyenangkan dan anak tidak merasa bosan. Dengan bermain peran mereka bebas berimajinasi sesuai perannya. Sehingga akan muncul percakapan atau dialog antar teman. Setelah usai bermain anak akan senang diajak berdiskusi tentang peran yang telah dimainkan, mengenai kesan-kesannya setelah ia memperagakan peran tertentu. Dengan demikian berdasarkan teori yang ada dapat membuktikan bahwa bermain peran berpengarug terhadap kemampuan bicara anak usia dini.

 

Kata Kunci: Bermain Peran, Kemampuan Bicara, Anak Usia Dini.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Aisyah, Siti. Dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
  3. Maydiawati, Erna. 2009. Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Bicara Pada Siswa PAUD Taman Harapan Bangsa I KeputranPanjunan Surabaya. Skripsi Sarjana Pendidikan: Universtas Negeri Surabaya.
  4. Montolalu, B.E.F. dkk. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Bahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
  7. Rumini, Sri danSundari, Sri. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Suhartono. 2005. Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.