Al ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI RUH PENGKADERAN GURU BERKEMAJUAN DI TENGAH MASYARAKAT

Isi Artikel Utama

Zainal Arifin

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang Al Islam dan kemuhammadiyahan dalam mengkader guru yang berkemajuan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif - kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, dan dengan teknik análisis induksi, deduksi, dan komparasi. Penelitian ini dilakuan di perguruan Muhammadiyah Gresik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Muhammadiyah memberikan tuntunan kompetensi guru terutama AlIslam dan Kemuhammadiyahan , akan tetapi upaya pembentukannya tidak secara khusus untuk guru akan tetapi untuk perkaderan, hal itu karena guru adalah anggota Muhammadiyah, maka pembentukan dan pembinaannya berada dalam tugas Muhammadiyah. Adapun Kompetensi ideal kepribadian guru Muhammadiyah yaitu; 1) Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan, 2) Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah, 3) Lapang dada, luas pandangan, dengan memegang teguh ajaran Islam, 4) Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan, 5) Mengindahkan segala hukum, undang-undang, peraturan, serta dasar dan falsafah negara yang sah, 6) Amar ma’ruf nahi munkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh teladan yang baik, 7) Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud islah dan pembangunan, sesuai dengan ajaran Islam, 8) Kerja sama dengan golongan Islam mana pun juga, 9) Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT, dan 10) Bersifat adil serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana. Untuk mewujudka itu semua, maka Muhammadiyah melakukan langkah-langkah atau upaya pembentukannya melalui; 1) Revitalisasi Ideologi, 2) Baitul Arqam, 3) Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah, 4) Kurikulum AlIslam Kemuhammadiyahan dan Congress Guru Muhammadiyah.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:
  2. Potret yang Berubah, (dalam
  3. Suara Muhammadiyah No. 23
  4. Tahun Ke101/1-15
  5. Desember,2016), 28-29.
  6. Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS
  7. “Menyemai Guru
  8. Muhammadiyah Berkemajuan
  9. DI Sekolah
  10. Muhammadiyahâ€,Ishraqi
  11. Volume 1 No. 1 Januari2017,
  12. ISSN: 1412-5722,Diakses pada
  13. Desember 2020, 11:08
  14. Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
  15. Gresik: Sahabat Pena Kita
  16. Brubacher,John S., 1978, Modern
  17. Philosophies of Education,
  18. New York: McGraw-Hill Book
  19. Company
  20. Bush,Tony, 2008, Leadhership and
  21. Management Development,
  22. California: Sage
  23. Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika
  24. ProfesiTerjAgusMSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat
  25. dari Konteks, Jakarta:
  26. Gramedia
  27. Undang-undang No. 14 Tahun 2005
  28. tentang Guru dan Dosen
  29. Desember 2020, 11:08
  30. Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
  31. Gresik: Sahabat Pena Kita
  32. Brubacher,John S., 1978, Modern
  33. Philosophies of Education,
  34. New York: McGraw-Hill Book
  35. Company
  36. Bush,Tony, 2008, Leadhership and
  37. Management Development,
  38. California: Sage
  39. Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika
  40. Profesi, Terj. Agus M.
  41. Hardjana,Yogyakarta: Kanisius
  42. Kuntowijoyo, 1994, Dinamika Sejarah
  43. Umat Islam
  44. Indoensia,Yogyakarta:
  45. Salahuddin Press
  46. Moleong,J.,Lexy, 2007, Metodologi
  47. Penelitian Kualitatif, Bandung:
  48. Remaja Rosda Karya
  49. Mulyana,Deddy, 2002, Metodologi
  50. Penelitian Kualitatif, Bandung:
  51. Remaja Rosda Karya
  52. Munandir, 2001, Ensiklopedia Pendidikan,
  53. Malang: UM Press
  54. Nasir,Moh., 1998, Metodologi Penelitian,
  55. cet.3, Jakarta: Ghalia Indonesia
  56. Rosyidi,Sahlan, 1990,
  57. Kemuhammadiyahan,
  58. Surakarta: UMS Press
  59. Daftar Pustaka
  60. Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:
  61. Potret yang Berubah, (dalam
  62. Suara Muhammadiyah No. 23
  63. Tahun Ke101/1-15
  64. Desember,2016), 28-29.
  65. Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS
  66. “Menyemai Guru
  67. Muhammadiyah Berkemajuan
  68. DI Sekolah
  69. Muhammadiyahâ€,Ishraqi
  70. Volume 1 No. 1 Januari2017,
  71. ISSN: 1412-5722,Diakses pada
  72. Desember 2020, 11:08
  73. Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
  74. Gresik: Sahabat Pena Kita
  75. Brubacher,John S., 1978, Modern
  76. Philosophies of Education,
  77. New York: McGraw-Hill Book
  78. Company
  79. Bush,Tony, 2008, Leadhership and
  80. Management Development,
  81. California:SageSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat
  82. dari Konteks, Jakarta:
  83. Gramedia
  84. Undang-undang No. 14 Tahun 2005
  85. tentang Guru dan Dosen