Analisis Perbandingan Perilaku Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pengguna Layanan Bank Konvensional Dan Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Muslim Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Cindy Ayu Prasasti (1)
(1) Universitas Brawijaya, Indonesia

Abstract

Keputusan memilih produk barang/ jasa bagi seorang Muslim harus memperhatikan konsep yang disyariatkan oleh Islam, termasuk dalam hal memilih layanan perbankan. Penelitian ini memfokuskan pada orientasi perbandingan perilaku konsumsi pada pengguna layanan bank konvensional dan bank syariah, terutama mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya di Kota Malang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori konsumsi dari segi konvensional dan teori konsumsi berdasarkan Al-Qur’an Hadist. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah mahasiswa Muslim yang menggunakan layanan perbankan konvensional dan layanan perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Kota Malang. Teknik pengambilan data menggunakan cara purposive, sedangkan metode pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini bahwa seluruh informan memberikan informasi yang sama bahwa pada pengguna bank konvensional dalam memilih layanan perbankan mereka cenderung berdasarkan kemudahan aksesibilitas dalam penggunaan layanan, bukan pada syariat yang dimiliki oleh layanan perbankan tersebut. Sedangkan factor utama yang mendasari keputusan pemilihan bank pada pengguna bank Syariah adalah berdasarkan produk yang ditawarkan yakni kesesuaian dengan syariat agama Islam. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian tersebut maka perbaikan dan peningkatan layanan perbankan Syariah perlu untuk dilakukan, agar nasabah merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk dan layanan bank Syariah, serta dapat menjaring lebih banyak konsumen Muslim untuk menggunakan bank Syariah.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Cindy Ayu Prasasti
cindyayuprsst@student.ub.ac.id (Primary Contact)
Author Biography

Cindy Ayu Prasasti, Universitas Brawijaya

Mahasiswa Semester 6, Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang
Prasasti, C. A. (2020). Analisis Perbandingan Perilaku Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pengguna Layanan Bank Konvensional Dan Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Muslim Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2). https://doi.org/10.30651/jms.v5i2.4883

Article Details