Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian untuk Meningkatkan Pengendalian Intern Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Siti Ardianti (1), Kusmilawaty Kusmilawaty (2)
(1) ,
(2)

Abstract

Abstrak

Sistem Informasi Akuntansi mengenai penggajian sangat  erat kaitannya dengan pengendalian internal, jika sistem penggajian berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan, maka secara otomatis sistem pengendalian internnya secara otomatis akan sendirinya berjalan sesuai dengan keinginan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah sistem informasi akuntansi penggajian pada Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Utara beroperasi sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Temuan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Utara sudah berjalan dengan permintaan pihak perusahaan khususnyayang berkaitan dengan pengendalian intern dibuktikan dengan adanya dokumen yang  sudah cukup jelas berupa dalam bentuk laporan yang terlampir.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Gaji/Upah, Pengendalian Intern.

Full text article

Generated from XML file

References

Akbar, Surya. 2018. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan. JIAGANIS, 3(2), 1.

Bodnar, H. George dan William S. Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Buku Pertama Edisi Keenam. Terjemahan Amir Abadi Jusuf dan Rudi M. Tambunan. Salemba Empat. Jakarta.

Hasibuan, H. Malayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Kedua. Penerbit BPFE-UGM. Yogyakarta.

Rafsanjani, H. (2014). Analisis Islamic Human Development Index di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Rafsanjani, H. (2017). Kepemimpinan spiritual. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Saling. 2018. Pengantar Bisnis. Medan Madenatera Qualifiedpublisher.

Huzain, Hasriany. 2021. Pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Kahar, MS. 2017. Analisa Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika. 3(1),2.

Jogiyanto. 2009. Sistem Akuntansi. Andi, Yogyakarta

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. YKPN. Yogyakarta Makikui, Lisa Elisabet, dkk. 2017. Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Persediaan Berdasarkan COSO Pada CV. Kombos Tendean Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 1225.

Jesika, Silvia dan Yulia Wiji Atika. 2020. Analisis Sistem Penggajian Karyawan Pada PT. Suzuki Finance Muara Bungo. Jurnal Ekopendia, 5(2), 60.

Authors

Siti Ardianti
sardianti20@gmail.com (Primary Contact)
Kusmilawaty Kusmilawaty
Ardianti, S., & Kusmilawaty, K. (2022). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian untuk Meningkatkan Pengendalian Intern Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(3). https://doi.org/10.30651/jms.v7i3.12748

Article Details