Determinan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia (Pendekatan Error Correction Model)

Ayif Fathurrahman, Ade Maya Asriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh financing to deposit  ratio, dana pihak ketiga, BI rate dan inflasi terhadap market share perbankan syariah di Indonesia. Objek dalam penelitian ini difokuskan pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah periode 2015 sampai 2019. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) dengan program analisis Eviews 7.0. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam jangka panjang FDR dan inflasi memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah, BI rate memiliki pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah serta DPK memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia. Sedangkan dalam jangka pendek, FDR dan DPK memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap market share perbankan syariah, BI rate memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah serta inflasi memiliki pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia.

Full Text:

Pdf

References

Abbas, F., Iqbal, S., Aziz, B., & Yang, Z. (2019). The impact of bank capital, bank liquidity and credit risk on profitability in postcrisis period:‎ A comparative study of US and Asia. Cogent Economics & Finance, 7(1), 1-18.

Abduh, M., & Idrees, Y. (2013). Determinants of Islamic Banking Profitability in Malaysia. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(2), 204-210.

Adelia, S., Andriani, S., & Ananda, N. A. (2018). Analisis Faktor – Faktor Keuangan Dan Aspek Teknologi Terhadap Market Share Perbankan Di Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 3(2).

Ali, M. (2015). Macroeconomic Determinants of Islamic Banks Profitability in Pakistan : a time series analysis. Journal of Business Strategies, 9(2), 83-97.

Arif, M. N. R. A., & Rahmawati, Y. (2018). Determinant Factors of Market Share: Evidence From The Indonesian Islamic Banking Industry. Problems and Perspectives in Management, 16(1), 392-398.

Bank Indonesia. 2020. “Laporan Inflasi (Indeks Harga Konsumen)”. www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default/aspx.

Bank Indonesia. 2020. “Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia”. www.bi.go.id/id/statistik/seki/terkini/moneter/Contents/Default.aspx.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2017). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS dan Eviews. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatihin, M. K., Siswahto, E., Rusgianto, S., & Hadi, N. H. (2020). Dampak Makro Ekonomi dan Financial Performance Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Vol. XXV, 51 - 56.

Indura, A. C., Ahmad, A. A., Suprapto, & Arintoko. (2019). Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan Aset Bank Syariah di Indonesia. Indonesian Journal of islamic business and economics, 1, 37-55.

Mokaya, S. O., Nyang’ara, D. M., & James, L. T. (2013). The effect of dividend policy on market share value in the banking industry; the case of National Bank of Kenya. International Journal of Arts and Commerce, 2(2), 99-101.

Muhamad. (2002). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN.

Musharianto, A. (2014). Suku Bunga Bank Indonesia, Financing To Deposit Ratio dan Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia. Journal Liquidity, 3(2), 108-114.

Mutmainah, K., & Ludiman, I. (2020). Analisis Determinan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang Terdaftar di OJK Periode Maret 2017 sampai September 2019). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 169-181.

OJK. 2019. “Statistik Perbankan Syariah”. www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Default.aspx.

Opara, B. C., & Opara, D. N. (2016). Customer Relationship Management and Banking Sector Market Share performance. International Journal of Business and Management Invention, 5(12), 13-21.

Purboastuti, N., Anwar, N., & Suryahani, I. (2015). Pengaruh Indikator Utama Perbankan Terhadap Pangsa Pasar Perbankan Syariah. JEJAK Journal of Economics and Policy, 8(1), 13-22.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Hakiim, N., & Rafsanjani, H. (2016). Pengaruh Internal CAR, FDR, dan BOPO dalam Peningkatan Profitabilitas Industri Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(1), 161-168.

Rahman, A. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Market Share Bank Syariah. Analytica Islamica, 5 (2), 291-314.

Rusliani. (2017). Analisis Model Promosi Bank Muamalat Indonesia Terhadap Market Share Kota Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 87-104.

Saputra, B. (2014). Faktor-faktor Keuangan yang Mempengaruhi Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntabilitas, VII(2), 123 - 131.

Setyowati, D. H., Sartika, A., & Setiawan. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Non Bank. Jurnal Iqtisaduna, 5(2), 169-186.

Siregar, E. S. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perbankan Syariah Terhadap Market Share Aset Perbankan Syariah di Indonesia. Zhafir Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking.

Wijayanti, I. M. (2019). Peran Nasabah dalam Perkembangan Perbankan Syariah. Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), 60-69.

Wulandari, V., & Anwar, D. (2019). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Pembiayaan Terhadap Market Share Perbankan di Indonesia Melalui Aset sebagai Variabel Intervening. Serambi : Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 1(1), 33-44.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i2.12043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.