PENERAPAN ULTRASOUND THERAPY DAN TERAPI LATIHAN PASIF DAN AKTIF PADA KONDISI STIFFNESS KNEE JOINT SINISTRA ET CAUSA FRAKTUR FEMUR POST ORIF

Rizky Kurniawan

Sari

Stiffness Joint  dapat terjadi karena edema dan fibrosis pada kapsul, ligament dan otot di sekitar  sendi atau perleketan dari jaringan lunak satu sama lain atau tulang ke tulang yang mendasari. Semua keadaan ini akan lebih buruk bila imobilisasi berlangsung lama. Selain itu, kalau sendi telah dipertahankan dalam posisi dimana ligament terpendek, tidak ada latihan yang akan berhasil sepenuhnya merntangkan jaringan ini dan memulihkan gerakan yang hilang (Appley, 1995). Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi fisioterapi pada kondisi Stiffness Knee Joint Sinistra Et Causa Fraktur Femur Post ORIF. Jenis penulisan ini adalah penulisan studi kasus. Penulisan ini dilakukan pada satu orang pasien dengan intervensi fisioterapi yaitu Ultrasound Therapy dan Terapi Latihan pasif dan aktif. Hasil penulisan didapatkan penurunan nyeri gerak dan nyeri tekan pada Knee Joint Sinistra, dan mengalami peningkatan Range of Motion (ROM) pada Knee Joint Sinistra . Disarankan kepada pasien untuk mengurangi aktivitas yang akan membebani atau memperparah kondisi Knee Joint Sinistra sehingga dapat tercapai proses penyembuhan atau perbaikan secara optimal.

Kata Kunci

Stiffness, Ultrasound Therapy, Terapi Latihan Pasif dan Aktif, Knee Joint Sinistra, Fraktur Femur, ORIF

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Apley, A. Graham dan Louis Solomon. 1995. Buku Ajar Ortopedi dan Fraktur Sistem Apley, Ed. 7. Ahli bahasa: Edi Nugroho. Jakarta: Widya Medika.

Hayes, Karen W & Kathy D. Hall. 2015. Agens Modalitas untuk Praktek Fisioterapi. Jakarta : EGC

Kisner, et al., 2007. Therapeutic Exercise Foundations and Techniques; Third Edition, F.A. Davis Company, Philadelphia.

Sujatno, dkk. 1993. Sumber Fisis. Surakarta: Akademi Fisioterapi Surakarta Depkes RI.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jar.v1i1.12625

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.