Pengembangan Pasien Virtual untuk Peningkatan Pendekatan Inter-Professional Education (IPE) dalam Dunia Pendidikan Keperawatan di Indonesia

Penulis

  • Eriyono Budi Wijoyo Mahasiswa Magister Keperawatan Jiwa, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.967

Abstrak

Abstrak

Pendahuluan: Dewasa ini pembelajaran kolaboratif menjadi sorotan baik dalam ranah akademik ataupun praktek. Proses kolaborasi bisa ditempuh dengan melibatkan teknologi seperti pasien virtual untuk meningkatkan komunikasi antar profesi keperawatan. Metode: Penelitian menggunakan studi literature tipe non-systemtic review. Penulis mencari database elektronik PROQUEST, Science Direct, BMJ, Google Scholar dan PubMed. Penulis juga menggunakan kata kunci pencarian yaitu “Patient Virtualâ€, “IPEâ€, “IPCâ€, “Inter-professional Collaborationâ€, “Inter-Professional Educationâ€, “Simulasi keterampilanâ€, “kolaborasi keperawatan†dengan menggunakan boolean “ANDâ€. Penulis menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi dalam melakukan penyaringan artikel dengan terbitan 2012-2017.

Hasil: Web-based Simulation of Patients System (Web-SP) untuk pembelajaran kolaboratif khususnya pada ranah kesehatan dengan melakukan wawancara pada 24 mahasiswa tingkat 4 untuk berpartisipasi pada penggunaan 5 kasus yang berbeda pada pasien virtual. Pasien virtual meningkatkan komunikasi tenaga kesehatan dan calon tenaga kesehatan untuk pembelajaran kolaboratif.

Kesimpulan: Pasien virtual merupakan metode yang digunakan untuk menjembati gap antara teori dengan praktek dan meningkatkan pemikiran kritis, meningkatkan komunikasi dalam proses kolaborasi antar profesi kesehatan.

Abstrak

Pendahuluan: Dewasa ini pembelajaran kolaboratif menjadi sorotan baik dalam ranah akademik ataupun praktek. Proses kolaborasi bisa ditempuh dengan melibatkan teknologi seperti pasien virtual untuk meningkatkan komunikasi antar profesi keperawatan. Metode: Penelitian menggunakan studi literature tipe non-systemtic review. Penulis mencari database elektronik PROQUEST, Science Direct, BMJ, Google Scholar dan PubMed. Penulis juga menggunakan kata kunci pencarian yaitu “Patient Virtualâ€, “IPEâ€, “IPCâ€, “Inter-professional Collaborationâ€, “Inter-Professional Educationâ€, “Simulasi keterampilanâ€, “kolaborasi keperawatan†dengan menggunakan boolean “ANDâ€. Penulis menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi dalam melakukan penyaringan artikel dengan terbitan 2012-2017.

Hasil: Web-based Simulation of Patients System (Web-SP) untuk pembelajaran kolaboratif khususnya pada ranah kesehatan dengan melakukan wawancara pada 24 mahasiswa tingkat 4 untuk berpartisipasi pada penggunaan 5 kasus yang berbeda pada pasien virtual. Pasien virtual meningkatkan komunikasi tenaga kesehatan dan calon tenaga kesehatan untuk pembelajaran kolaboratif.

Kesimpulan: Pasien virtual merupakan metode yang digunakan untuk menjembati gap antara teori dengan praktek dan meningkatkan pemikiran kritis, meningkatkan komunikasi dalam proses kolaborasi antar profesi kesehatan.

 

Referensi

Abbott, MB. 2016. Virtual Nursing Avatars: Nurse Roles and Enveloving Concepts of Care. The Online Journal of Issues in Nursing, Vol 21.

Belanger E and Rodriguez C. 2014. Immersive clinical simulation in undergraduate health care interprofessional education: Knowledge and perceptions. Clin Simul Nurs 10: e205-e216.

Berit Misund Dahl, Paul Crawford. 2017. Perceptions of experiences with interprofessional collaboration in public health nursing: A qualitative analysis. Journal of Interprofessional Care 0:0, pages 1-7.

Birk TJ. 2017. Principles for Developing an Interprofessional Education Curriculum in a Healthcare Program. J Healthc Commun.2:1. doi: 10.4172/2472-1654.100049.

Cobbett, Shelley and Erna snelgrove-Clarke. 2016. Virtual versus face-to-face clinical simulation in relation to student knowledge, anxiety and self-confidence in maternal-newborn nursing: A randomized Controlled trial. Nurse Education Today: Volume 45: Pages 179-184.

Collaborative Practice Conference. 2015. Centre for Advancement of Interprofessional Education: Defining IPE. Geneva, Switzerland: World Health Organization.

Dong Wen, Pengcheng Guan, Xingting Zhang, Jianbo Lei. 2017. Physicians’ perceptions of physician-nurse interactions and information needs in China. Informatics for Health and Social Care0:0, pages 1-10.

Eliyen, Kunti; Herman Tolle; Muhammad Aziz Muslim. 2017. K-Nearest Neighbor untuk Klasifikasi Penilaian pada Virtual Pasient case. Jurnal Arus Elektro Indonesia: 15-18.

Foronda, Cynthia, Karina Gattamorta, Kenya Snowden and Eric Bauman. 2014. Use of virtual clinical simulation to improve communication skills of baccalaureate nursing students: a pilot study. Nurse Education Today. Volume 34, Issue 6: Pages e53-e57.

Forsberg, E., Ziegert, K., Hult, H., Fors, U. 2014. Clinical reasoning in nursing, a thinkaloud study using virtual patients -a base for an innovative assessment. Nurse Educ. Today 34 (4), 538e542. http://dx.doi.org/10.1016/j.nedt.2013.07.010 [Epub2013 Jul 25].

Graves M, Doucet S. 2016. Factors affecting interprofessional collaboration when communicating through the use of Information and communication technologies: a literature review. J Res Interprof Pract Educ 6: 2.

http://drexel.edu/cnhp/news/current/archive/2013/November/2013-11-14-Meet-Tina-Your-Virtual-Patient/

Institute of Medicine. 2013. Interprofessional Education for Collaboration: Learning How to Improve Health From Interprofessional Models Across the Continuum of Education to Practice: Workshop Summary. Washington, DC: The National Academies Press.

MacLean, Sharon, Michelle Kelly, Fiona Geddes and Philip Della. 2017. Use of Simulated Patients to develop communication skills in nursing education: An Integrative review. Nurse Education Today: Volume 48, Pages 90-98.

Martin, SE. 2015. The Rise of the Avatar: Virtual Dimention of “the human†in Nursing Science. Nordic Journal of Nursing. Vol 35, 158-164

Noohi, E., Abaszadeh, A., & Maddah, S. S. B. 2013. University engagement and ccollaborative learning in nursing students of Kerman University of Medical Sciences. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 18 (6), 505–510.

Powers, Kelly A., Diamond Staton-Williams, Cory Sheeler, Jacquelyn Howard. 2017. Creating collaborative learning opportunities. Nursing Management: Volume 48 - Issue 1 - p 9–11.doi: 10.1097/01.NUMA.0000511189.26042.40. Department: Team Concepts.

Richardson B, Gersh M, Potter N. 2012. Health care team challenge: a versatile model for interprofessional education. MedEdPORTAL Publications 8: 87-92.

Sunnqvist, C., Persson, U., Westrin, Å., Lenntorp, B., Tr€askman-Bendz, L., 2013. Virtual patient simulation in psychiatric care e A pilot study of digital support for collaborate learning. Psychiatr. Ment. Health Nurs. 20 (4), 336e344.

Sweigart, Linda, Marsha Burden Kay Hodson Carlton, and John Fillwalk. 2014. Virtual Simulations across Curriculum Prepare Nursing Students for Patient Interviews. Clinical Simulation in Nursing: Volume 10, Issue 3, Pages e139-e145.

Utomo, Anintyo Susilo. 2013. Gambaran Suasana Pembelajaran Pada Penerapan Model Interprofessional Education di Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Perpustakaan FK UGM: Skripsi.

Verkuyl, Margaret, Lynda Atack, Paula Mastrilli, Daria Roaniuk. 2016. Virtual gaming to develop student pediatric nursing skills: A usability test. Nurse Education Today. Volume 46: 81-85.

Visser, C. L. F., Ket, J. C. F., Croiset, G., & Kusurkar, R. A. 2017. Perceptions of residents, medical and nursing students about Interprofessional education: a systematic review of the quantitative and qualitative literature. BMC Medical Education, 17(1), 77. https://doi.org/10.1186/s12909-017-0909-0

World Health Organization. 2012. Framework for Action on Interprofessional Education and Collaborative Practice. Geneva, Switzerland: World Health Organization Press

Unduhan

Diterbitkan

2017-06-27