Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Keperawatan Muhammadiyah adalah jurnal Ilmiah bidang ilmu keperawatan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. 

Jurnal Keperawatan Muhammadiyah merupakan jurnal ilmiah yang akan menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian, Karya ilmiah, Laporan Kasus keperawatan yang meliputi bidang ilmu  Keperawatan dan kesehatan.

Jurnal Ilmiah Keperawatan bertujuan menjadi referensi ilmiah otoritatif tentang perkembangan ilmu keperawatan. 

Jurnal Keperawatan Muhammadiyah menerima artikel dalam bidang berikut:


  1.  Keperawatan Gawat Darurat
  2. Keperawatan Maternitas 
  3. Keperawatan Jiwa
  4. Keperawatan Komunitas
  5. Keperawatan Gerontik
  6. Keperawatan Dewasa
  7. keperawatan Dasar 
  8. Keperawatan Manajemen dan Kepemimpinan 


Jurnal Keperawatan Muhammadiyah menerima artikel dalam bentuk:

  1. Artikel hasil penelitian 
  2. Studi kasus 
  3. Literatur review
  4. Systematic Review
  5. Konsep analisis
  6. Analisis wacana


Jurnal ini akan diterbitkan secara online dan cetak dua kali dalam satu tahun (Juni - Desember). 

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Full Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Literatur Review

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Studi Kasus

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review


Semua pengajuan dievaluasi dengan proses double-blind peer-review yang dilakukan oleh 2 orang reviewer. Dalam proses ini, baik reviewer maupun penulis sama-sama tidak mengetahui identitas masing-masing sehingga dapat membantu memastikan evaluasi, masukan, dan keputusan yang tidak memihak mengenai manuskrip Anda. Lama proses review adalah 4 minggu. Keputusan akhir berada di tangan editor berdasarkan masukan dari reviewer.

Setiap artikel yang masuk akan diperiksa plagiasi dengan menggunakan TURNITIN. Batas maksimal derajat kesamaan adalah 25%. Artikel yang melebihi derajat kesamaan > 25% akan dikembalikan ke penulis untuk dilakukan revisi.

 

 

Frekuensi Penerbitan

JKM terbit setiap 6 bulan sekali. pada bulan Juni dan Desember tiap tahunnya.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Etika Publikasi

Etika Publikasi

 

Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (JKM) dalah jurnal yang diterbitkan DPK PPNI FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel di jurnal ini, yaitu penulis, ketua penyunting, editor/penyunting, mitra bestari dan penerbit.

Tugas Penerbit

Universitas Muhammadiyah Surabaya  sebagai penerbit Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (JKM) bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editor. Selain itu, Universitas Muhammadiyah Surabaya  dan editor akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan / atau penerbit lain apabila diperlukan.

Tugas Editor/Penyunting

  • Keputusan Publikasi

Editor/Penyunting Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (JKM), bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang harus diterbitkan berdasarkan masukan dari hasil reviu yang dilakukan mitra bestari. Para editor dapat berunding dengan mitra bestari dalam membuat keputusan ini.

  • Prinsip Keadilan
    • Editor/Penyunting mengevaluasi naskah/artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.
    • Editor akan memastikan artikel sesuai dengan fokus/scope keilmuan jurnal. Tanggapan dari para mitra bestari akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima dengan revisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
    • Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantaranya dikarenakan artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup ilmu keperawatan, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan sara perbaikan yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar yang logis.
    • Urutan penerbitan disesuaikan dengan urutan masuknya artikel dan revisi artikel kepada dewan redaksi.
  • Kerahasiaan

Editor tidak harus mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, diantaranya mitra bestari.

  • Konflik kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan namun diungkapkan dalam naskah tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Mitra Bestari

  • Mitra bestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial yang selanjutnya disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitra bestari menyangkut reviu secara konten terhadap sebuah naskah/artikel.
  • Setiap naskah yang diterima untuk direviu harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  • Reviu harus dilakukan secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah.

 

Tugas Penulis

  • Penulis menuliskan naskah/artikel berdasarkan laporan penelitian asli yang akurat.
  • Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah sesuai kaidah penulisan ilmiah.
  • Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis bebas plagiarisme.
  • Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirimkan pada Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (JKM) belum pernah dimuat di media lain, dan sedang tidak dikirimkan kepada jurnal lain.
  • Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping.
  • Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dilakukan sesuai kode etik 
  • Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki.
  • Artikel Anda harus telah dilakukan sesuai dengan Kode Etik Asosiasi Medis Dunia (Deklarasi Helsinki) untuk eksperimen yang melibatkan manusia dan Pedoman EC 86/609 / EEC untuk percobaan hewan.