Penerapan Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli Gabah (Studi Kasus di Desa Balerejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun)

Penulis

  • Erina Fatkul Fatimah UMS

DOI:

https://doi.org/10.30651/justeko.v3i1.2930

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan akad salam dalam jual beli gabah yang dilakukan oleh masyarakat di desa Balerejo kecamatan Balerejo kabupaten Madiun.  Permasalahan yang hendak diteliti di sini dibatasi dengan beberapa persoalan berikut: (1) Bagaimana penerapan konsep akad salam dalam transaksi jual beli gabah oleh masyarakat desa Balerejo kecamatan Balerejo kabupaten Madiun? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan akad salam dalam transaksi jual beli gabah?

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penelitian dilakukan dengan cara mendatangi subjek dan objek penelitian yang ada di lokasi penelitian. Selain itu penelitian ini juga akan melihat pelaksanaan jual beli gabah dengan akad salam tersebut dari perspektif hukum Islam.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Dari hasil penemuan penelitian yang penulis lakukan di desa Balerejo, penulis mendapati bahwa transaksi jual beli gabah di lokasi penelitian dapat dikatakan sebagai transaksi jual beli salam karena adanya persamaan-persamaan fundamental dengan konsep akad salam seperti persamaan dalam masalah dasar hukum, akad transaksi, objek akad, pembayaran, dan serah terima objek akad. (2) Pelaksanaan jual beli gabah tersebut juga relevan dan sejalan dengan konsep kemaslahatan dan keadilan apabila ditinjau dari perspektif tujuan-tujuan universal syariah Islam.

Kata kunci: Akad, Jual beli, Salam, Gabah, Hukum Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2019-07-02

Cara Mengutip

Fatimah, E. F. (2019). Penerapan Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli Gabah (Studi Kasus di Desa Balerejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun). Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.30651/justeko.v3i1.2930

Terbitan

Bagian

Artikel