Analisi Pembiayaan Ar-Rahn untuk Usaha Mikro (Arrum) pada PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Blauran Surabaya

Eva Ervina, Abdul Wahab

Sari

Abstrak

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagaimana berikut: Pertama, bagaimanakah strategi pemasaran pembiayaan Arrum pada produk PT. Pegadaian Syariah (persero) Cabang Blauran Surabaya? Kedua, bagaimanakah analisis pembiayaan Arrum pada PT. Pegadaian Syariah (persero) Cabang Blauran Surabaya? Ketiga, apakah pembiayaan Arrum pada PT. Pegadaian Syariah (persero) sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah? Penelitian ini bertujuan untuk lebih mendalami segala aspek kehidupan, disamping itu juga merupakan sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, baik dari segi teoritis dan praktis.

Penelitian ini bersifat fenomenologi dengan deskripsi-analisis, yaitu menggambarkan bagaimana analisis terhadap pembiayaan Arrum di PT. Pegadaian Syariah (Persero)Cabang Blauran. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisa dengan analisa kualitatif dengan logika induktif.

Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan: pertama, strategi yang digunakan dalam pemasaran pembiayaan pada PT. Pegadaian Syariah Kantor Cabang Blauran yaitu Produk,distribusi, promosi, dan harga serta sudah diaturdalamPedoman OprasionalGadaiSyariah yang berlaku umum, tetapi tergantung  cabang yang berbeda-beda. Kedua, mekanisme pembiayaan Ar-Rum adalah mudah dengan persyaratan yang tidak rumit. Ketiga, pembiayaan Ar-Rum sudah berjalan sesuai dengan Fatwa Dewan Islam NasionalNo. 25/DSN-MUI/III/2002 Tanggal 26 Juni 2002.

Harapannya dari penelitian ini kedepannya Pegadaian perlu mensosialisasikan produk-produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah. Khususnya pada produk pembiayaan Arrum serta pihak Pegadaian Syariah agar tetap mempertahankan keramahan dalam pelayanan, bahkan perlu ditingkatkan agar nasabah merasa nyaman dan senang atas pelayanan yang diberikan oleh pegadaian.

 

Kata Kunci: Perbankan syariah, rahn dan usaha mikro.

Teks Lengkap:

PDF

DOI: http://dx.doi.org/10.30651/justeko.v2i2.2477

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.