Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 3 Bustanul Athfah Surabaya

Penulis

  • Yuliana Selan PG PAUD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun menggunakan metode bercerita. Penelitian ini di laksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik pengelolaan data secara deskriptif. Adapun analisis yang di gunakan dalam penelitian ini  mengacu pada hasil dari pree test dan post test yang menjadikan bahan evaluasi setelah dilaksanakannya penelitian. Adapun hasil kesimpulan dalam penelitian ini ialah peran metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun sangatlah efektif di terapkan sebagai salah satu aspek penting yang perlu di miliki oleh anak-anak dalam membangun aspek bahasa yang baik, dan metode bercerita dalam pembelajaran dapat terbukti menimbulkan peningkatan kemampuan serta minat literasi hingga meningkat sampai 70% bagi anak-anak di kelas A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Surabaya

Referensi

A, M. (2017). Pengaruh Media Gambar Dalam Meningkatkan Kognitif Pada Anak Usia Dini:Jurnal Madrasah Btida'iyah.

AL-Tabany, T. I. ((2015)). Desain Pengembangan Tematik Jakarta Prenadammedia Grup. Jakarta .

Arimbi, Y. D. ((2018)). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita.

Buzan, T. &. (2005 2013). Buku Pintar Mid Map Quantum Learning "Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan . Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama De Poter B Bandung: PT Mirza Pustaka.

Buzan, T. (2010). Buku Pintar Mind Map . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Desmita Ambarwati Rosda Karya Djauhar Siddq, N. R. (2009 2006 ). Psikologi Perkembangan Peserta didik Strategi Belajar Mengajar Taman Kanak-Kanak. Bandung Yogyakarta :UNY.

Jensen, E. (2008). Brain Baset Learning (Pembelajaran Berbasis Otak).

Mahesh, K. (2003). Daya Ingat (Bagaimana Mendaptkan Yang Terbaik). Jakarta :Pustaka Populer Obor.

Novianti, R. W. (2019). 2 Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita .

Purnamaningsih N.E., W. N. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Meningkatkan Kemampuan Kogniif Pada Anak Kelompok A.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum . Jakarta:Ar-RUZZ Media.

Sholeh, R. A. (2005). Pendidikan Agama Dan Pengembangan Untuk Bahasa. Jakarta : PT Raja Grafindo Pesada.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan . Jakarta :PT Raja Grafindo Parsada .

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan Perkembangan Anak Dan Remaja . Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta:Hikayat .

Yusron, N. (n.d.). Pustaka Belajar. Yogyakarta .

Zahra, R. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Selan, Y. (2022). Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 3 Bustanul Athfah Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 1(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/16551