Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dari Rumah pada Era Pandemi Covid-19 di TK Dewi Kunti Surabaya

Penulis

  • Aulia Rakhmawati Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Muhamadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Muhamadiyah Surabaya
  • Aristiana Prihatining Rahayu Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Muhamadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak:  Pendidikan pada saat adanya virus corona (SARS-CoV-2) dilakukan dengan cara belajar dari rumah. Belajar dari rumah diterapkan agar tidak ada penyebaran virus corona yang menyerang banyak masyarakat. Namun, berbanding terbalik kepada anak usia 3-6 tahun karena belajarnya tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dalam penerapan proses belajar dari rumah, ada beberapa faktor penyebab kesulitan belajar dari rumah yang dihadapi oleh guru serta orang tua di TK Dewi Kunti Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif menggunakan desain penelitian yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta penentu informan untuk guru, orang tua bekerja dan orang tua tidak bekerja. Hasil penelitiannya faktor penyebab kesulitan belajar dari rumah pada era pandemi covid-19 yaitu kurang berkonsentrasi terdapat dengan adanya suara asing yang terdengar selain pendidik, kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya terlihat pada saat sesi tanya jawab semuanya berdiam diri. Kurang paham isi materi terlihat ketika pada aspek perkembangan belum bisa berkembang dengan maksimal, penggunaan paket data yang paling utama dikeluhkan oleh para orang tua.

 

Kata Kunci: belajar dari rumah, pandemi covid-19, pendidikan

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Buku

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Ahmadi, Muckhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Ketrampilan. Malang : Y A 3 Malang

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Jurnal

As-Sibyan (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Serang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 05 No.02.

Ayudia, Febrialismanto & Yeni Solfiah (2020). Presepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Anak Usia5-6 Tahun di Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.03 No.02.

Mufaziah & Fauziyah. (2021). Kendala Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.05 No.02

Internet

Depdiknas. 2008. Pembelajaran Tatap Muka, Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Keatas.

Winingsih, Endang. (2020) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020.

Diterbitkan

2022-08-30

Cara Mengutip

Rakhmawati, A., Martati, B., & Rahayu, A. P. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dari Rumah pada Era Pandemi Covid-19 di TK Dewi Kunti Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 1(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/14861