Pelatihan Berbasis Daring Dalam Penguatan Pemasaran Digital UKM Kota Medan

Penulis

  • Winda Ardiani Universitas Harapan MEDAN
  • Rizky Putra Universitas Harapan MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.5899

Abstrak

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah tulang punggung dalam menjaga ekonomi kerakyatan yang kerap masih dihadapkan dengan berbagai masalah. Masalah paling lazim dihadapi UKM adalah penjualan yang bermula pada strategi penjualan ataupun pemasaran. Saat ini permasalahan yang dihadapi wirausaha sebagai mitra antara lain rendahnya penjualan, sementara UKM masih belum memiliki scenario atau strategi promosi yang baik, khususnya berbasis online. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka disusunlah sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap  UKM dalam menggunakan dunia internet sebagai media penjualan. Pelatihan yang dijalankan menggunakan media daring mengingat kondisi pandemic saat ini. Berdasarkan evaluasi prates dan post tes diketahui bahwa ada perubahan pengetahuan dan sikap UKM terkait penjualan menggunakan media online. UKM harus didampingi oleh keluarga yang berusia lebih muda untuk membantu pemasaran produk secara digital

Biografi Penulis

Winda Ardiani, Universitas Harapan MEDAN

Dosen Manajemen fakultas ekonomi bisnis UNHAR

Rizky Putra, Universitas Harapan MEDAN

Dosen Manajemen fakultas ekonomi bisnis UNHAR

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel