Peningkatan Produktifitas UKM Lontong dengan TTG SS 316 L Di Desa Hulaan Menganti Gresik

Penulis

  • Navik Kholili Universitas Wijaya Putra
  • M. Hasan Abdullah Universitas WIjaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.5849

Abstrak

Sebagian besar pengusaha Lontong masih menggunakan kayu bakar dan alat seadanya dalam proses produksinya. Sehingga kapasitas produksi dan kualitasnya relatif masih rendah. Guna mengatasi permasalahan tersebut, Tim Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Fakultas Teknik Universitas Wijaya Putra merancang Teknologi Tepat Guna (TTG SS 316 L) untuk memproduksi Lontong dengan hasil yang lebih banyak serta kualitas yang lebih baik. Teknologi TTG SS 316 L ini mampu meningkatkan produksi 3 kali dari proses sebelumnya. Waktu perebusan dapat dipercepat dari 6 jam menjadi 2 jam dengan hasil produksi 200 buah/hari meningkat menjadi 800 buah/hari. TTG SS 316 L ini berbahan food grade yang dilengkapi dengan temperature gauge dan pressure gauge serta menggunakan bahan bakar LPG sehingga lebih aman dan efisien. Lontong yang dihasilkan bisa matang dengan sempurna dan mempunyai kualitas yang lebih baik. Pelatihan dan pendampingan dilakukan pada mitra UKM agar  penerapan TTG sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci: UKM Lontong, Produktivitas, TTG

Referensi

Adawiyah, & Rabiatul, W. (2013). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM):Studi di Kabupaten Banyumas. Sustainable Competitive Advantage, 1.

Ahmad, F. (2017). Karakteristik Teknologi Tepat Guna dalam Skala Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Pelatihan Produktifitas Usaha Kecil. Surabaya: Unesa.

Aziz, A., Hamid, A., & Hidayat, I. (2014). Perancangan Bejana Tekan (pressure vessel) untuk Separasi 3 Fasa. SINERGI, 1.

Hariyanto, A., & Kurniawan, Y. (2014). Peran Teknologi Tepat Guna pada Pengembangan UKM. Prosiding Konferensi dan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna (p. 1). Bogor: LIPI.

Jatmika, R. (2016). Masalah yang Dihadapi Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Jurnal Studi Ekonomi Syariah, Volume II Edisi 6.

Kotle, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Naufalin, L. (2020). Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Akutansi, 95-102.

Triyaningsih, S. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 37-46.

Yulius, H. (2012). 9 Langkah Praktis Membuat Pencatatan Akuntansi Keuangan Perusahaan Dagang. Jakarta: Elex Media.

Yuniartha, d. (2016). Pengembangan Usaha Makanan Ringan dengan Modifikasi Kemasan. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (pp. 39-45). Yogyakarta: UK Duta Wacana.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel