Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumberdaya Desa di Kawasan Pesisir

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.5808

Abstrak

Abstrak: Desa Bahari III memiliki berbagai potensi sumberdaya yang pemanfaatannya belum optimal. Salah satu potensi yang penting diperhatikan adalah sumberdaya manusianya, dengan kemampuan kreatifitas yang dimilikinya manusia mampu menciptakan sumberdaya terbatas dan bernilai jual rendah menjadi sumberdaya yang bernilai ekonomis tinggi. Desa Bahari III memiliki kekayaan sumberdaya alam yang sangat potensial antara lain kelapa, perikanan dan wisata baharinya. Penyuluhan ini bertujuan memotivasi masyarakat untuk mengembangkan kreatifitasnya mengembangkan sumberdaya yang potensial tersebut. Hasil pengabdian yang dilakukan masyarakat yang semula belum mengerti membaca peluang yang ada setelah mendapat penyuluhan mereka antusias ingin mengembangkan berbagai kreatifitasnya bagaimana memanfaatkan sumberdaya yang terdapat di desa menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi. Setelah mengikuti penyuluhan masyarakat juga membuat suatu kelembagaan yang mendukung tujuan tersebut yakni dengan mendirikan rumah kreatif masyarakat.

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Sumberdaya Desa

Biografi Penulis

Anwar Sadat, Universitas Muhammadiyah Buton

Dosen Program Studi Ilmu Pemerinthana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Buton

Referensi

Bourdiau, P. And Wacquant, L. 1992. An Invitation to Reflexive ociology. Chicango. University of Chicango Press.

Dermawan, A. M. (2016). Pemberdayaan perempuan melalui kegiatan ekonomi kreatif abdurraafi’ maududi dermawan. Studi Gender Dan Anak, 03, 159–172.

Hasanah, L. L. N. El. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268–280.

Nur Azizah, S. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah (Study Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17, 63–78.

Sudarmo, 2011. Isu-Isu Administrasi Publik dalam Perspektif Governance, Surakarta: Smart Media

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel