Pariwisata Menjadi Kekuatan Baru Ekonomi di Desa Wawoangi

Mahyudin Mahyudin, Hamdan Hidayat, Asril Midu, Hasriana Hasriana

Sari

Abstrak: Kegiatan PKM ini diselenggarakan di Desa Wawoangi Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Masalah yang dihadapi mitra adalah Kurangnya wawasan dan kesadaran masyarakat lokal akan pentingnya pembangunan di bidang kepariwisataan. Tujuan dari PKM ini dilaksanakan ialah untuk memberikan pendampingan pembinaan pengelolaan pariwisata dan arahan pengembangan pariwisata. Program pengabdian masyarakat ini menyimpulkan bahwa peran modal sosial dapat digunakan untuk masyarakat dalam bentuk pengetahuan lokal, yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendampingan, pembinaan, pengelolaan pariwisata dan arahan pengembangan objek wiata kepada pemerintah desa dan masayarakat Desa Wawoangi. Dengan dikelolanya objek wisata di Desa Wawoangi ini akan mendorong laju perekonomian rakyat, karena dengan adanya tujuan wisata di Desa ini akan mampu mempromosikan semua sektor sektor ekonomi yang ada di desa, baik itu dari kerajinan, pertaanian, dan budaya.

Kata kunci: Pariwisata, Ekonomi Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arya Maulana Wijaya, A., Sadat, A., Azhar Sa, L., Suherman, A., Fajar Maulana, H., & Rizal Ardiansah Putra, M. (2019). Pemanfaatan Modal Sosial Dalam Penguatan Program Desa Tangguh Bencana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 2(1), 1–13.

Listriyana, A., & Pahlewi, A. D. (2019). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian. 3(1), 42–54.

Out, H., Kuliah, M., Resort, C., Pengembangan, S., & Pengelolaan, D. A. N. (2010). Konsep pengembangan kawasan desa wisata 1. 1–36.

Sefira Ryalita Primadany, Mardiyono, R. (2013). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(4), 135–143.

Zakaria, F., & Suprihardjo, D. (2014). Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Teknik Pomits, 3(2), C245–C249. https://doi.org/2337-3520


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v1i3.5633

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.