Pendampingan Sekolah Dasar Negeri 4 Kupang, Jabon dalam Menghadapi New Normal

Penulis

  • Miftahul Mushlih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Bayu Segara Prodi Kebidanan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Djauharoh A Hadie Prodi Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Rizal Zakaria Prodi Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Andika Aliviameita Prodi Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5565

Abstrak

Kejadian pandemi Corona menyebabkan perubahan seluruh aspek kehidupan di masyarakat termasuk di dunia pendidikan. Pemerintah telah memutuskan adanya kehidupan normal yang mengharuskan setiap orang terbiasa untuk hidup berdampingan dengan wabah virus Corona. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bimbingan dan dukungan fasilitas di SDN 4 Kupang, Jabon, Sidoarjo dalam rangka menghadapi kehidupan dunia normal (new normal) akibat adanya pandemi covid 19. Metode yang digunakan adalah Pembimbingan dan pelatihan kepada guru dan siswa. Peserta dari kegiatan ini meliputi guru SDN 4 Kupang (6 Orang) dan seluruh siswa SD N dari kelas 1 sampai kelas 6 yang berjumlah 19 orang. Hasil dari kegiatan ini adalah ditemukan kendala pada sekolah guna menghadapi kehidupan baru diantaranya meliputi kesulitan menyediakan fasilitas pendukung wajib new normal serta kesadaran siswa yang masih rendah untuk berkegiatan sesuai dengan norma kehidupan baru. Luaran dari kegiatan ini adalah terselesaikannya kendala sekolah di dalam menghadapi kehidupan yang normal dan meningkatnya wawasan guru dan siswa wabah covid 19.

Referensi

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, 2020. Peta Sebaran. https://covid19.go.id/peta-sebaran. Diakses 20 Juli 2020

peraturan.bpk.go.id, 2020. Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135058/keppres-no-11-tahun-2020. di akses 24 Juli 2020

Prior, D.D., Mazanov, J., Meacheam, D., Heaslip, G., Hanson, J., 2016. Attitude, digital literacy and self efficacy: Flow-on effects for online learning behavior. The Internet and Higher Education. Vol. 29, pp 91-97. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.01.001.

WHO, 2020. Naming the coronavirus disease (COVID-19) and the virus that causes it. , https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/technical-guidance/naming-the-coronavirus-disease-(covid-2019)-and-the-virus-that-causes-it

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-28

Terbitan

Bagian

Artikel