Pendampingan Motivasi Peningkatan Kinerja Pengurus dalam Pengelolaan Organisasi dan Informasi Teknologi Koperasi Wanita di Kecamatan Driyorejo Gresik

Penulis

  • Endang Muryani universitas merdeka surabaya
  • Dwi Suhartini Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas veteran Nasional Surabaya
  • Alvien Gunawan 3Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Ma’arif Hasyim Latif
  • Rachman Halim Yustiyawan Prodi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT
  • Yanna Eka Pratiwi Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5468

Abstrak

  Peningkatan motivasi pengurus dalam mengelolah koperasi khususnya koperasi wanita yang merupakan  bentuk realisasi Program Gubernur Jawa Timur tahun 2010 merupakan faktor penting yang harus dilakukan dalam mengembangkan sumber daya manusia pengelola koperasi. Koperasi Wanita di wilayah kecamatan Driyorejo sebanyak 16 Koperasi Wanita yang merupakan bagian dari 355 koperasi wanita yang ada di kabupaten Gresik.

Pendampingan dilakukan dengan metode motivasi, pelatihan intensif dan pengenalan serta pengoperasikan teknologi informasi  terhadap pengelola koperasi wanita. Tujuan pendampingan untuk menstimulasi pengelola untuk tetap semangat dalam melaksanakan manajerial koperasi. Pendampingan dilakukan secara berkelanjutan disesuaikan dengan kondisi sumber daya manusia pengurus, mengingat pengurus berasal dari orang yang belum mempunyai latar belakang tentang perkoperasian.

Hasil dari kegiatan pendampingan ada perubahan pemikiran dan perilaku pengelola atau pengurus dalam melaksanakan manajerial seperti yang pertama bidang organisasi melaksanakan pendidikan anggota yang bertujuan menambah wawasan tentang tanggung jawab sebagai anggota dan sekaligus sebagai regenerasi pengurus. Yang kedua pengelolaan akuntansi koperasi, mampu mengerjakan akuntansi koperasi dengan menggunakan Informasi Teknologi. Dengan menggunakan program tersebut berdampak pada proses laporan akuntansi lebih mudah dan menghasilkan suatu laporan keuangan secara sistematis sehingga laporan pertanggung jawaban pengurus pada anggota dapat dilaksanakan dengan tepat sesuai jadwal yang harus dilakukan sebagai koperasi primer.

 

Kata kunci : Motivasi, Kinerja Pengurus Koperasi Wanita, Informasi Teknologi.

Referensi

Lastianti, Siwidyah Desi, Endang Muryani, Mahrus Ali, Bayu Airlangga Putra, Hermien Tridayanti, Agus Sukoco, Yanna Ika Pratiwi, Supartini Supartini, Development Entrepreneurship, Intention Among, Meithiana Indrasari,

Raditya Bambang Purnomo, Nur Syamsudin, Eddy Yunus, Web Based Application, Bayu Airlangga Putra, and Ani Wulandari. n.d. “The Role of The Internal Audit Management of Enterprise Risk Management.†IJEBD 1 NO.2 Mar:110–19.

Muryani, Endang, Alvien Gunawan, Zamri Bin Chik, Dedi Iskamto, and Putra Budi Ansori. 2018. “The Effect of Motivation on Performance at the Women’s Cooperative Institute in Al - Barokah, Tuban Regency.†International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 8(12):2136 – 2141.

Muryani, Endang and Anwar Sanusi. 2018. “Role Of Government , Ocb , Work Motivation , On Performance Of Women ’ s Cooperatives Through Participation Of Members In Gresik District.†20(11):59–69.

Prihatini, Tri and Ahmad Arief. 2012. “Analisis Pengaruh Motivasi Pengurus Dan Anggota Koperasi Terhadap Kinerja Koperasi (Studi Kasus Pada Koperasi Mahasiswa ABFII Perbanas).†Call Paper PEKAN ILMIAH DOSEN FEB – UKSW 73–86.

Setyawati, Irma, Sugeng Suroso, Delila Rambe, Prisila Damayanty, and Tyastuti Sri Lestari. 2018. “Upaya Peningkatan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam Pada Sekolah Menengah Umum Di Kecamatan Jagakarsa.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ 1(1):1–22.

Sobirin, Achmad. 2014. “Konsep Dasar Kinerja Dan Manajemen Kinerja.†Manajemen Kinerja 1–67.

Yustiyawan, Rachman Halim. 2016. Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, dan Motivasi dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. http://journal.um.ac.id/ Vol 1 No 7.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-28

Terbitan

Bagian

Artikel