Pendampingan Pembelajaran Matematika Dengan Media Doratic Terhadap Siswa Penyandang Dissabilitas Tuna Grahita

Achmad Hidayatullah, Amirul Latif, Dewi Herawati

Sari

Pengabdian ini berupa pendampingan pembelajaran matematika dengan media Doratic (Doll Train Mathematics) terhadap anak penyandang dissabilitas tuna grahita di Yayasan Pendidikan Luar Biasa Alpa Kumara Wardhana Surabaya. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan pembuatan media doratic berbentuk boneka kereta bangun ruang yang terdiri dari kubus, balok, kerucut, tabung, limas segitiga dan limas segiempat. Hasil dari pengabdian  ini diperoleh dari observasi terhadap aktivitas siswa, respon siswa dan hasil post tes yang dilakukan dua kali. Berdasarkan aktivitas siswa, mereka dominan dalam bermain dengan menggunakan Doratic dengan prosesntase 30 %, sedangkan respon siswa 47,5%, siswa menjawab setuju (S) 46,3%, siswa menjawab tidak setuju (TS) 6,3%. Sehingga disimpulkan Media ini sangat menarik dan mendukung proses belajar siswa. Hasil post test menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran siswa sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sebanyak 90,48% siswa yang tuntas belajar dan sebanyak 9,52%  siswa tidak tuntas belajar. Nilai rata-rata pada pertemuan ke 3 adalah 76,14.

Kata Kunci: Doratic, Pembelajaran, Matematik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

(n.d.). Retrieved from http://www.bps.go.id. (2017). In Pedoman PKM 2017. Jakarta: http:// simbelmawa.ristekdikti.go.id.

Erawati, I. L. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Inklusi. Jurnal Studi Sosial, 22.

Hasdianah. (2013). In Autis pada anak (Pencegahan, perawatan, dan pengobatan). Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahardian, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11-19.

Ridho, N. (2011, 7 27). Model Pembelajara Kooperatif. Cooperative Learning, 1.

Sari, S. f. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian dan PKM, 220


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v1i1.4545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.