Pemberdayaan Ekonomi UKM dengan ECO-Produk Handicraft di jedong Sekarputih Balonggpanggang Gresik

Radius Setiyawan, Sri Lestari

Sari

Mitra UKM dalam program keterlibatan ini adalah UKM dengan produk kerajinan di Jedong, Sekarputih, Balongpanggang, Gresik. Di desa ini, membuat furnitur adalah salah satu upaya masyarakat dan mata pencaharian utama. Kendati demikian, bisnis furnitur belum membuat kemajuan signifikan, bahkan cenderung menurun. Hal ini disebabkan tidak adanya manajemen yang baik, tidak ada asosiasi pekerja furnitur, kurangnya promosi, tidak ada sumber daya manusia khusus dalam pemasaran, pertumbuhan furnitur sporadis, dan kurangnya pasokan bahan baku di Jawa Timur. Program ini melibatkan dua UKM yaitu UD. Future Furniture dan UD.Kharisma Meubel. Program pengabdian ini diprioritaskan untuk menyelesaikan pemasaran, untuk mengembangkan produk, dan untuk memecahkan masalah sumber daya manusia. Metode yang digunakan adalah 4P (Produk, Harga, Promosi, dan Tempat). Masalah kualitas produk diselesaikan dengan menciptakan produk ramah lingkungan yang digunakan untuk memanfaatkan limbah kayu menjadi komoditas bernilai tinggi dan bertujuan untuk memerangi pencemaran lingkungan. Produk ramah lingkungan ini adalah produk lampu dengan merek dagang Pulampu: From Village to World. TI (internet), media sosial, media massa, katalog, pameran, dan toko online digunakan untuk memperluas produk. Modernisasi peralatan produksi juga diberikan untuk meningkatkan kualitasnya. Implementasi metode ini menunjukkan pencapaian yang efektif dalam promosi dan penjualan. Selain itu, program ini dapat meningkatkan omset Mitra UKM dan beragam varian produk.

Kata Kunci: SME dengan produk kerajinan tangan, eco-produk, pemberdayaan ekonomi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Purnomo, Hj., Irawati, R,H.dan Melati (ed). (2010). Mengundang Badai: Untaian Kehidupan, tradisi dan Kerasi aktor Mebel Jepara. CIFOR, Bogor Indonesia.

Pattiwael, Judith Felicia. (1997). Februari. Jurnal Bina Ekonomi

Roda, Jean-Marc et al. (2007). Atlas Industri mebel Kayu Jepara. Harapan Prima; Jakarta.

Tulus, Tambunan. (2006). Perkembangan dan Daya Saing Ekspor Meubel Kayu Indonesia. Working Paper Series No. 05. Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

http://gresikkab.go.id/profil/pertumbuhan_ekonomi


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v1i1.4541

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.