Pendampingan Strategi Pemasaran Produk Inovatif Gula Siwalan Pada Home Industry Di Desa Grujugan Gapura Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.15041Abstrak
Pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis. Tanpa pemasaran yang memadai, bisnis akan berhenti beroperasi. Pelaku home industry di desa Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep memiliki kegiatan produksi produk inovatif gula siwalan dalam bentuk permen siwalan. Pengembangan produk inovatif gula siwalan merupakan program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Wiraraja tahun 2019. Namun, saat ini produksi produk inovatif gula siwalan hampir tidak pernah dilakukan karena tidak adanya pemesan dan pembelian. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada pelaku home industry permen siwalan untuk dapat menerapkan strategi pemasaran. Hal ini ditujukan agar produksi dan usaha home industry tersebut tetap berjalan, yang pada akhirnya dapat membantu perekonomian masyarakat Desa Grujugan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa peninjauan awal, sosialisasi, pendampingan, dan monitoring. Hasil dari kegiatan ini yaitu pelaku home industry mampu memahami, menyadari, dan menerapkan strategi pemasaran seperti pengemasan yang menarik, pengembangan jaringan penjualan, promosi dengan media offline (pamflet), dan promosi melalui media sosial.Referensi
Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 50–70.
Djaelani, S., Asyari, Y., Yuliani, Y., & Suryadi, H. (2020). Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5396
Kotler, P., & Kevin, L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid satu. Erlangga.
Putra, I. B. W. D., & Vieramaditya, N. (2021). Instagram sebagai Media Promosi Happiness Jungle di Masa Pandemi (Instagram as a Promotion Media for Happiness Jungle during the Pandemic Period). SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 193–199. https://bali.bisnis.com
Rakhmayani, H. (2021). Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Di Masa Pandemi Covid-19 Oleh : Halimah Rakhmayani NIM 210817199 Pembimbing Said Abadi , M . A . JURUSAN PERBANKAN SYARIAH.
Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan kemasan dupa yang ekonomis dan ramah lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1808–1817.
Sulistyaningsih, E., Lestari, N., & Kumalasanti, R. A. (2019). Pengembangan usaha kelompok emping jagung bina sejahtera melalui pendampingan pemasaran online untuk menghadapi era industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1, No. 1), 499–506.
Wawancara dengan Kepala Desa Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep tanggal 09 Juli 2022.
Wawancara dengan Ibu Ris Desa Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep tanggal 09 Juli 2022.
Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 61–64. https://doi.org/10.51805/jpbm.v1i1.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.