PEMANFAATAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI KOMPOS DI KELURAHAN MANGGAR BARU BALIKPAPAN

Risty Jayanti Yuniar, Amalia Rizqi Utami, Kharis Sugiarto Sugiarto, Hilmi Mahdi, M Faizal, Rizki Dwicahyo, Chaerul Annas, Putri Setyarini, Yustiadi Sampe, Dedy Sagala, Shela Shaleha

Sari

Sampah adalah masalah lingkungan yang paling sulit diatasi. Faktor penyebabnya yaitu volume limbah, kandungan bahan pencemar, dan frekuensi pembuangan limbah, dimana sering membuat kerugian daripada keuntungan. Masyarakat cenderung membuang sampah di satu tempat, kemudian diangkut ke TPS tanpa adanya pemisahan sampah organik dan anorganik. Sampah yang telah dibuang dan dikumpulkan di tempat pembuangan sampah, tidak bisa langsung diolah karena sampah yang dikumpulkan telah tercampur antara organik dan anorganik. Hal tersebut menyebabkan sampah sulit untuk diolah lebih lanjut. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berlokasi di Kelurahan Manggar Baru. Pada wilayah pesisir Kelurahan Manggar Baru terdapat banyak sampah padat yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga maupun industri berserakan. Berdasarkan data SIPSN sumber sampah terbesar dihasilkan oleh sampah rumah tangga yaitu sebesar 72.4%. Mayoritas jenis sampah yang dihasilkan adalah sampah sisa makanan yaitu sebesar 42.3%. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk memulai paradigma baru dalam mengolah dan mengelola sampah menjadi barang yang memililki nilai ekonomi tinggi. Kegiatan peningkatan pemahaman kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dimulai dengan sosialisasi pemilahan sampah dan pembuatan kompos. Diharapkan melalui kegiatan ini akan membantu masyarakat dalam mengubah paradigma pengelolaan sampah lama menjadi lebih terorganisir dan teratur. Hasil dari kegiatan PKM ini terjadi peningkatan sebesar 4.38% terkait pemahaman warga tentang pengelolaan sampah.

Kata Kunci: kompos , pengelolaan sampah, sampah organik, sampah anorganik,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DKP3A. n.d. “Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, Dan Perlindungan Anak (DKP3A).” Retrieved (https://dkp3a.kaltimprov.go.id/).

Indonesia. n.d. Undang-Undang No.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Latifah, Siti, Maryani Cyucu Tobing, and Tri Martial. 2014. “BUKU-KOMPOS (Latifah).Pdf.”

SIPSN. n.d. “Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional.” Retrieved

(https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/).

Sulistyorini, Lilis. 2005. “Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikannya Kompos.” Jurnal Kesehatan Lingkungan 2(1):77–84.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v3i2.14087

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.