MANAJEMEN USAHA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Farida Idayati, Yuliastuti Rahayu, Sapari Sapari

Sari

Abstrak: Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah agar para pelaku usaha UMKM dapat bangkit dari keterpurukan bisnis usaha akibat adanya pandemi Covid-19. Segala macam tantangan telah dihadapi, menuntut mereka untuk lebih kreatif dan inovatif dengan memaksimalkan strategi marketing.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu ibu-ibu yang memiliki bisnis kuliner dan UMKM untuk  dapat mengatur kegiatan usahanya tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan survive di tengah Pandemi Covid-19. Pemilihan obyek pengabdian kepada masyarakat adalah Usaha Mikro yang selanjutnya dijadikan sebagai mitra. Pemilihan ini sesuai dengan kriteria UMKM yang ditetapkan bahwa kekayaan bersih Usaha Mikro tidak lebih dari lima puluh juta rupiah dan hasil penjualannya tidak melebihi 300 juta rupiah dalam waktu satu tahun. Pelaksanaannya dilakukan dengan mengadakan kunjungan langsung ke tempat Mitra Usaha Mikro untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi. Materi pendampingan meliputi membangkitkan semangat survive dengan mengenalkan digitalisasi pengelolaan keuangan dan memecahkan pokok masalah yang dihadapi Mitra Usaha Mikro. Dalam pengelolaan keuangan masih banyak  yang belum bisa membedakan antara uang modal usaha dengan keuntungan yang diperoleh dan untuk kepentingan pribadinya. Perlu ada kesinambungan kegiatan dan evaluasi terhadap pelatihan mengenai pembukuan sederhana agar Mitra Usaha Mikro bisa memahami akun dasar pada pembukuan.

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Bismala L, “Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah”.

Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Volume 5, Nomor 1, Maret 2016.

https://journal.uc.ac.id. Diundul 4 Juli 2021.

Fauzia. M, 2020. "Dampak Corona Lebih Parah, IMF Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global -4,9 Persen Tahun Ini" Diunduh tgl 3 Juli 2021.

https://money.kompas.com/read/2020/06/25/054100526/dampak-corona-lebih-parah-imf-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-global-4-9-persen?page=all.

Handojo, A, 2020. “Strategi Bisnis Kuliner Agar Tetap Bertahan di Tengah Pandemi”.

https://www.daya.id. Diunduh tgl 3 Juli 2021.

Indra R., 2021. Inilah 6 Cara Memasarkan Produk dengan Baik dan Efektif.

https://www.lemonilo.com/blog/inilah-6-cara-memasarkan-produk-dengan-baik-dan-efektif

Jurnal Enterpreneur, 2017. Tips Terapkan Manajemen Usaha untuk Bisnis Kecil

https://www.jurnal.id/id/blog/tips-terapkan-manajemen-usaha-untuk-bisnis-kecil/#Apa_itu_Manajamen_Usaha

Jurnal Entrepreneur, 2017. 10 Prinsip Dasar Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui. https://www.jurnal.id/id/blog/2017-10-prinsip-akuntansi-yang-perlu-anda-ketahui. Diundul 4 Juli 2021.

Kemen PPPA,2020. “Geliatkan UMKM Indonesia, Perempuan Jadi Pahlawan Ekonomi Keluarga.” https://www.kemempppa.go.id. 26 Nov 2020. Diunduh tgl 3 Juli 2021.

KemenkopUKM, 2021. “Terhubung Secara Digital, UMKM Sektor Kuliner Tetap Bertahan Di Saat Pandemi”. Humas Kementerian Koperasi dan UKM. https://kemenkopukm.go.id. Diunduh pada tgl 3 Juli 2021

Munadie F., 2018. Kreatif dan Inovatif Dalam Berwirausaha. https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2018/04/kreatif-dan-inovatif-dalam-berwirausaha/

Priyadi, 2020. “Akuntansi Biaya Pendekatan Konvensional Dengan Nilai-Nilai Islam.” Penerbit Kyta, Perum Nogotirto Aden, Yogyakarta


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v3i1.12823

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.