Upaya Peningkatan Pembelajaran Siswa SD di Pabean Cantikan pada Era Pandemi Covid-19

Penulis

  • Irwan Syahrir Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yessie Ardina Kusuma Fakultas Teknik UM Surabaya
  • Mustakim Yusabillillah FKIP UM Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v3i1.11571

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terkena dampak adanya pandemi Covid-19. khususnya pendidikan di tingkat sekolah dasar. Pada masa pandemi Covid-19, pembelajaran sekolah dilaksanakan secara daring. Berdasarkan hasil observasi dilapangan ditemukan adanya penurunan kualitas belajar pada siswa SD. Penurunan kualitas belajar pada siswa SD menjadi persoalan yang perlu mendapatkan perhatian yang serius. Turunnya kualitas pendidikan pada anak SD dapat disebabkan karena siswa belum terbiasa menggunakan pembelajaran secara daring. Penggunaan gadget yang berlebihan ditengarahi juga menjadi sebab turunnya kualitas belajar anak. Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan upaya peningkatan kualitas belajar anak di wilayah Pabean Cantikan melalui pelatihan aplikasi media pembelajaran bagi guru, pendampingan belajar sosialisasi penggunaan gadget seara bjak pada anak.

Biografi Penulis

Irwan Syahrir, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Teknik Industri Fakultas Teknik UM Surabaya

Referensi

Aldiyah, E. (2021) ‘Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid -19’, CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1)

Mottaghipour, Y. and Bickerton, A. (2005) ‘The Pyramid

of Family Care : A framework for family involvement with adult mental health services The Pyramid of Family Care’, 4(3).

Mugirah (2002) ‘Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, l urnal llmiah Guru " C O P E ", 01.

Qoriawati, U. (2021) ‘Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring bagi Peserta Didik MI/SD pada Masa Pandemi Covid-19’, JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), pp. 10–17. doi: 10.30599/jemari.v3i1.769.

Sulyandari, A. K. (2019) ‘Pengaruh Gadget Pada Perkembangan Anak Usia Dini’, THUFULI :Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(1), pp. 12–20.

Treatment, B., Lukens, E. P. and Mcfarlane, W. R. (2004) ‘Psychoeducation as Evidence-Based Practice : Considerations for Practice , Psychoeducation as Evidence-Based Practice : Considerations for Practice , Research , and Policy’, (May 2014). doi: 10.1093/brief-treatment/mhh019.

Wahab, G. and Kahar, M. I. (2021) ‘Problematika Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Covid-19’, Jurnal Paedagogia, 10(1), pp. 49–66

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel