Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

 

Judul ditulis dengan format UPPERCASE dengan font 14 pt (Maksimal 16 kata)

“judul ditulis dengan jurnal dan informatif”

 

 

Penulis pertama1, Penulis kedua2

1Afiliasi penulis pertama

2Afiliasi Penulis kedua

                                         Email penulis petama1, Email penulis kedua2

 

Submitted  :                            Accepted                                          Published :

 

Abstrak  Abstrak terdiri dari satu paragraf dan 150-200 kata berisi tentang latar belakang, tujuan, hasil, dan kesimpulan. Tidak boleh menggunakan singkatan dan sitasi. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan menggunakan huruf Times New Romans ukuran 10pt, spasi 1.

Kata Kunci: Terdiri dari 3-5 kata/frase, urut abjad, huruf kecil, dipisahkan dengan koma

 

1.          PENDAHULUAN

Jangan membuat indentasi paragraf pertama dari setiap bagian/subbagian baru. Bagian ini harus secara singkat menjelaskan latar belakang penelitian, memberikan ulasan singkat tentang literatur terkait, menyatakan keaslian penelitian, dan menyatakan tujuan penelitian. Bagian ini juga mencakup masalah faktual dan aktual, tantangan, atau persyaratan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkait dengan tujuan penelitian.

Indentasi digunakan pada paragaf selanjutnya. Ketik atau paste artikel pada format manuskrip ini dengan menggunakan spasi 1,5 dan font Times New Roman ukuran 12. Kompsisi pendahuluan sebanyak (10-15)% dari total panjang artikel 4000-7000 kata.


2.          TINJAUAN PUSTAKA

Tinjauan pustaka berisi ringkasan penjelasan dari kajian teori atau penelitian terdahulu sesuai dengan topik dalam artikel. Tinjauan pustaka dapat merupakan parafrase penjelasan yang ditemukan dalam buku akademik dan artikel jurnal. Penjelasan yang diambil dari buku akademik maupun artikel jurnal harus dicantumkan pada daftar pustaka.

 

2.1 Kutipan dan Acuan

Penulisan gagasan dari orang lain (rujukan) harus dimasukkan dalam daftar pustaka. Penulisan rujukan dapat dilakukan secara tidak langsung maupun langsung. Secara tidak langsung, sebagai contoh, Sudibyo  (2001) mengungkapkan bahwa penerapan tanaman organik berhasil meningkatkan kesehatan masyarakat. Secara langsung, rujukan yang berjumlah empat baris dapat dituliskan dengan memberi jarak spasi selebar 1,5 antara teks asli dan teks kutipan.

Unsur hara Nitrogen yang dikandung dalam pupuk urea sangat besar kegunaannya bagi tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan, antara lain; membuat daun tanaman lebih hijau segar dan banyak mengandung butir hijau daun (chlorophyl) yang mempunyai peranan sangat panting dalam proses fotosintesa (Dewanto, 2013)

       Rujukan nama pengarang dengan satu pengarang dituliskan dengan nama belakang dan koma (,) disertai dengan tahun rujukan tersebut misal Dewanto, 2013. Apabila terdapat dua nama pengarang  dapat ditulikan sebagai berikut Dewanto dan Londok, 2013. Jika melibatkan dua pengarang dalam dua karya yang berbeda, contoh penulisnnya dengan menggunakan tanda titik koma (;) seperti (Dewanto, 2013; Londok, 200). Apabila pengarang lebih dari dua orang, hanya nama pengarang pertama yang dituliskan. Nama pengarang selebihnya digantikan dengan’dkk’ (dan kawan-kawan). Tulisan ‘dkk’ dipisahkan dari nama pengarang, yang diebutkan dengan jarak, diikuti titik, dan diakhiri dengan koma. Contonya: membaca adalah kegiatan interaksi antara pembaca dan penulis yang kehadirannya diwakili oleh teks (Dewanto dkk., 2013).


3.          METODE PELAKSANAAN PENGABDIAN

Narasikan metode dan prosedur penelitian secara detail; di antaranya data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pelaksanaan kegiatan, lokasi, dan subjek penelitian. Metode yang digunakan dapat berupa (1) Lokakarya/Pelatihan: barang maupun jasa, inovasi ilmu pengetahuan alam; (2) Pendidikan; (3) Penyadaran/ terhadap suatu masalah; (4) Konsultasi/ Pendampingan/ Mediasi.

 

3.1       Headings

Gunakan heading tapi jangan lebih dari 3 level penomoran misalnya 3, 3.1, 3.1.1, tapi bukan 3.1.1.1).

 

3.2 Singkatan

Jika menggunakan singkatan harus didefiniskan pada awal singkatan itu muncul dan untuk penulisan selanjutnya harus konsisten.

 

3.3 Cetak Miring

Jika kata yang digunakan termasuk dalam bahasa asing harus dicetak miring (italicized), kecuali jika terminologi yang digunakan sudah diserap dalam bahasa Indonesia; misalnya digital. Penulisan harus mengikuti format Petunjuk Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) format.

 

3.4   Penomoran

Apabila penomoran kurang dari dua digit dapat dituliskat dalam kata-kata misalnya tiga, dua, satu, 15, 26, kecuali apabila digunakan dalam merepresentasikan data.


4.          HASIL DAN PEMBAHASAN

Deskripsikan hasil penelitian dalam bentuk table atau gambar jika ada dan secara naratif. Pembahasan berisi tentang intrepretasi dari hasil penelitan bukan merupakan repetisi dari penelitian sebelumnya.

 

4.1 Tabel dan Gambar

Tabel  harus diberikan penamaan atau judul dan penomoran, misal Tabel 1. Hasil Sampah Plastik Warga. Judul dan penomoran tabel diletakkan di atas seperti contoh di bawah ini:

Tabel 1. Format Tabel (Times New Roman 10)

 

Kepala

Baris

Tabel

Kepala Kolom Tabel

Sub-kepala Kolom

Sub-kepala Kolom

Isi

Isi tabel

Isi tabel

 

Gambar 1. Contoh Keterangan Gambar

(Times New Roman 10)

 

4.2 Grafik

Grafik dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel dalam bentuk 2D (not 3D).

 

5.          KESIMPULAN

Kesimpulan penelitian berisi tentang uraian ringkas yang ada dalam hasil dan pembahasan.

 

UCAPAN TERIMAKASIH

Jika perlu berterima kasih kepada pihak tertentu, misalnya mitra pengabdian, hindari pernyatakan terimakasih yang berlebihan.

 

DAFTAR PUSTKA

Daftar Pustaka disusun menggunakan format APA 6th Edition dengan menggunakan Mendeley. Isi daftar pustaka merupakan referensi yang digunakan penulis pada latar belakang maupun kajian teori. Gunukan minimal 10 referensi yang berupa jurnal 80% dan buku 20%. Jurnal referensi sebaiknya 5 tahun terakhir, buku referensi 10 tahun terakhir

 

Appendix

Berisi dokumen tambahan seperti kuesioner dan data pendukung lainnya. Appendix tidak lebih dari 3 halaman


 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:

1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan artikel: 0,00 (IDR)
Penulis diminta untuk membayar biaya penyerahan artikel sebagai bagian dari proses penyerahan untuk berkontribusi pada biaya review.

Penerbitan: 300000,00 (IDR)
Jika manuskrip tersebut diterbitkan, penulis dikenakan biaya penerbitan.

Pencetakan: 200000,00 (IDR)
Jika penulis menginginkan hard copy jurnal dalam satu terbitan, maka penulis dikenakan biaya dan mendapatkan 2 eksemplar

Jika Anda tidak mempunyai dana untuk membayar biaya penerbitan, kami akan membebaskan Anda dari biaya apapun. Kami tidak ingin biaya menghambat penerbitan karya yang berharga.