UJI SPRAY ANTI KECOA (PERIPLANETA AMERIANA) BAHAN EKSTRAK SERAI WANGI (Cymbopogon Nardus) DAN DAUN KENIKIR (Cosmos Caudatus) SEBAGAI MEDIA EDUKASI MASYARAKAT

Rifdatun Nisa', Lina Listiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh perbandingan campuran spray ekstrak serai wangi (Cymbopogon nardus) dan ekstrak daun kenikir (Cossmos caudatus) terhadap aktivitas kecoa (Periplaneta americana); (2) mengetahui perbandingan campuran spray ekstrak serai wangi dan ekstrak daun kenikir yang paling efektif mempengaruhi aktivitas kecoa; (3) mengetahui bentuk media edukasi masyarakat yang dapat dibuat dari hasil penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan Posttest Control Group Design dengan 5 perlakuan dan 5 pengulangan. Variabel Bebas penelitian ini adalah perbandingan campuran ekstrak serai wangi dan daun kenikir yaitu 100:0%, 100:0%, 50:50%, kontrol positif 100%, dan kontrol negatif 100%. Sedangkan Variabel Terikatnya adalah aktivitas kecoa. Data yang diperoleh dianalisis dengan Kruskal Wallis dilanjutkan dengan Mann Whitney.  Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa ada pengaruh perbandingan campuran ekstrak serai wangi dan ekstrak daun kenikir terhadap aktivitas kecoa amerika; Spray anti kecoa amerika bahan ekstrak serai wangi lebih efektif terhadap aktivitas kecoa amerika dengan prosentase kecoa yang menunjukkan perubahan aktivitas tidak normal 96%; Bentuk media edukasi masyarakat yang dibuat dari hasil penelitian ini adalah brosur tentang pemanfaatan serai wangi dan daun kenikir sebagai anti kecoa amerika.

Keywords

aktivitas kecoa amerika (Periplaneta americana), Ekstrak serai wangi (Cymbopogon nardus) dan ekstrak daun kenikir (Cossmos caudatus)

References

Amalia, H. dan Idham, S.H. (2010). Preferensi Kecoa Periplaneta americana (L.) (Blattaria: Blattidae) Terhadap Berbagai Kombinasi Umpan. Perhimpunan Entomologi Indonesia.Jurnal entomologi Indonesia. Volume 7 No.2:67-77

Depkes Kesehatan. (2012).“Pedoman pengendalianKecoa”.http://www.depkes. go.id/downloads/pengendalian%20Kecoa.pdf. Diakses 23 Januari 2019, pukul 15:35WIB.

Kamila, D. (2017). Uji Anti Kecoa (Periplanata americana) dengan Penggunaan Minyak Atsiri Serai Wangi (Cymbopogon nardus). Surabaya: UMS Pers.

Khaula, L. N. (2017). “Pengaruh Ekstrak Daun Kenikir (Cosmos caudatus) sebagai Anti Nyamuk Elektrik Terhadap Nyamuk Aedes Aegypti”. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.

Sahara, dkk. “Efektivitas Ekstrak Sereh Wangi (CymbopogonNardus L. Rendle) Terhadap Kecoak Jerman (Blattella germanica L.) PopulasiVcruWho,Gfa-Jkt Dan Hhb-Jkt”. STKIP PGRI Sumatra Barat, Padang


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v9i1.9335