PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MODEL DENGAN STRATEGI OUTDOOR STUDY PADA TOPIK PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR

Dyah Ayu Kusuma Wardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa, serta mengetahui keterlaksanaan pembelajaran kelas X MIA 1 SMA Miftahul Ulum Ambunten, Sumenep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (classrom action research) dengan menggunakan design One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Keterlaksanaan penerapan pembelajaran dengan Project Based Learnig Model dengan Strategi Outdoor Study pada topik Plantae terlaksana dengan kriteria cukup baik pada siklus I dan mencapai kriteria sangat baik pada siklus II (2) ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan tercapainya indikator keberhasilan nilai rata-rata 91,1% pada siklus II (3) ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dan tercapainya indikator keberhasilan dengan rata-rata ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II sebesar 88,9%.

Keywords

Project Based Learning Model, Outdoor Study, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Ketuntasan Hasil Belajar

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Abida, Rahma. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Retensi Kelas X SMAN 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Universitas Negrei Raden Intan Lampung.

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Christine, Kiewra dan Ellen Veselack. 2016. Playing with Nature: Supporting Preschoolers’ Creativity in Natural Outdoor Classrooms. Journal of Early Childhood Environmental Education. Vol 4.

Elis Nur .2015. Penerapan Model Problem Based Instruction dapat Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Imam Sujadi.2010.Tingkat-Tingkat Befikir Probabilistik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. S3 Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Surabaya (Unpublished).

Isti, Sofiatun Nisa Dwi. 2013."Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V C SD Negeri Tebel Sidoarjo Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam".E-journal Unesa,Vol 1 (2)

Junarsih. 2011. Problematika Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PAIDi Kelas IX SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Karmila. 2016. Pengaruh Model Outdoor Study Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Terpadu. Diakses dari https://www.slideshare.net/mobile/IdaFitrohScooter/5-bahan-tayang pada tanggal 25 Februari 2019

Litbang Kemendikbud. 2015. Survei Internasional PISA. Diakses dari http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss-tentang-timss Pada tanggal 4 februari 2017

Liyani. 2017. Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V MIN Krueng Mak Aceh Besar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh

M. Sujarwo.2018 Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Pendidikan

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murfiah, Uum (2017). Pembelajaran Terpadu Teori Dan Praktek Terbaik Disekolah. Bandung. PT. Refika Aditama

Ngalim, Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

OECD (2015). Programe for International Student Assessment (PISA). Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf pada tanggal 2 februari 2019

Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar pada Jenjang Dikdasmen.

Rahayu, Hafitriani (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Lerning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 4

Rahmawati. (2016). Hasil TIMSS 2015 [handout powerpoint slide]. Diakses dari http://puspendik.kemdikbud.go/id/seminar/upload/RahmawatiSeminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf. Pada tanggal 4 februari 2017

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2010. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Makalah Seminar. Surabaya

Tamba, Mottlan dan Betty. 2017. The Effect of Project Based Learning Model for Students’ Creative Thinking Skills and Problem Solving. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol 7.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Vera, Adelia (2012) Metode Mengajar Anak Diluar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta. Diva Press.

Wardani, Lilis. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Membuat Kaitan Pada Benda Jadi Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bojonegoro. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v8i1.9326