ANALISIS LITERASI SAINS PEMBELAJARAN ABAD XXI PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI SMA DI GRESIK

Authors

  • Indah Hikmatul Rohmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jpb.v8i1.9323

Keywords:

Literasi Sains, Pembelajaran Abad XXI, Matapelajaran Biologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains matapelajaran biologi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan tingkat literasi sains dari aspek konten, konteks, dan proses pembelajaran biologi SMA dari indikator Programme for International Student Assesmen (PISA) yang meliputi: 1) mengenali permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah; 2) mengidentifikasi kata kunci untuk memperoleh informasi ilmiah; 3) mengenal fitur penyelidikan ilmiah; 4) mengaplikasikan pengetahuan sains dalam situasi yang diberikan; 5) memprediksikan atau menginterpretasikan fenomena secara ilmiah dan memprediksi perubahan; 6) mengidentifikasi deskripsi, eksplanasi, dan prediksi yang tepat; 7) menafsirkan bukti ilmiah dan membuat serta mengomunikasikan kesimpulan; 8) mengidentifikasi bukti dan alasan dibalik kesimpulan; 9) merefleksikan implikasi sosial dan perkembangan teknologi dan sains.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen RPP dan wawancara beberapa guru biologi. Subjek penelitian adalah 8 SMA yang berakreditasi A (Negeri dan Swasta) se-Kabupaten Gresik dengan teknik cluster sampling. Objek Penelitian adalah tingkat literasi sains. Simpulan penelitian ini bahwa literasi sains matapelajaran biologi pada subjek penelitian 69,91% masuk kategori sedang. Sekolah sampel sudah memenuhi literasi sains (biologi) pada aspek konteks 79,16% dan aspek proses 75% masuk kategori tinggi. Sedangkan literasi sains yang ditinjau dari aspek konten masih mencapai 65,62% dengan kategori sedang.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus, Mulyati, Tita, dan Yunansah, Hana. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Amstrong, T., 2009. The Whole-Brain Solution (Solusi Seluruh Otak). Jakarta: Grasindo.

Asyhari, Ardian, dan Hartati, Risa. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Imliah Pendidikan Fisika : 179-191. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Badriyah, Laitalatul. 2014. Analisis Kesesuaian Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) dan Pelaksanaan Pembelajaran yang Dikembangkan Oleh Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013 (Skripsi tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Beers, CS., J.W. Beers, dan Smith, J.O. 2009. A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: The Guilford Press.

Ekohariadi. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun. Jurnal Pendidikan Dasar, 10: 28-41.

Erman. 2014. Berdaya Saing Dengan Literasi. Prosiding Samnas Pensa VI “Peran Literasi Sainsâ€. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Hadi, S. Dan Mulyatiningsih, E,. 2009. Model Trend Prestasi Siswa Berdasarkan Data Pisa Tahun 2000, 2003, dan 2006. Laporan Penelitian Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Herlanti, Y. 2011. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Isu Sosiosaintifik Melalui Weblog Untuk Mendukung Literasi Sains. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Puslitjak Balitbang Kemdikbud.

Holisin, Iis, dkk,. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi & Artikel. Surabaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSurabaya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kist, W. 2005. New Literacies in Action: Teaching and Learning in Mutiple Media. New York: Teacher College, Columbia University.

Liliasari. 2014. Persiapan Literasi Sains Generasi Muda Indonesia Menjelang ASEAN Comunity. Prosiding Samnas Pensa VI “Peran Literasi Sainsâ€. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Morocco, C.C. et al. 2008. Suported Literacy for Adolescent: Transforming Teaching and Content Learning For The Twenty-First Century. San Fransisco: Josey-Bass A Wiley Imprint.

OECD. 2006. PISA 2006 Science Competencies for Tommorow’s Wordl-Volume 1: Analysis. Paris: OECD.

OECD. 2016. PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics, and Financial Literacy. Kanada: OECD.

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R. and Hofstein, A.. 2006. The Use Of Scientific Literacy Taxonomy For Assessing The Development Of Chemical Literacy Among High-School Students. Chemistry Education Research and Practice, 7: 203-225.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wakhidah, Nur. 2014. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Appoarch) dan Literasi Sains (Science Literacy). Prosiding Samnas Pensa VI “Peran Literasi Sainsâ€. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Published

2020-04-29

Issue

Section

Artikel