MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Bahrul Dian Wulaningayu, Wiwi Wikanta

Abstract

Sejauh ini kemampuan berpikir kreatif belum optimal dikembangkan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, motivasi belajar siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan mendeskripsikan respon siswa model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain Non Equivalent Kontrol Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis dan angket.  Data dianalisis secara deskriptif kuantitataif dan statistik uji-T. Hasil penelitian menununjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan nilai rata-rata 75,55% pada kelas eksperimen, 63,79% pada kelas kontrol, dan terhadap motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 75,36%.  Keterlaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe TAI dengan kategori baik sekali. Respon positif siswa terhadap Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) rata-rata positif dan siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Keywords

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, Kemampuan berpikir kreatif, motivasi.

References

Listiana, lina & Bahri, Arsad. 2011. Empowering Student’s Creative Thinking Skill in Biology Classroom: Potential of Group Investigation Combined With Think Talk Write (GITTW) Strategy. Advanced Science Letters. Vol 4, 3398–3402, 2011. Research Articel.

Moma, La. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.4, No.1, April 2015. (Online). Diakses dari http://ejournal.unkhair.ac.id 06 Maret 2018.

OECD (2016), Pisa 2015 Results (Volume I): Excellence And Equity In Education, Pisa, Oecd Publishing, Paris. Diakses dari http://oecd.org/education/pisa-2015-results-volume-i Februari, 10 Februari 2018.

Purnamawati. M. M. 2009. Pembelajaran IPA Ideal Yang Efektif Dan Meningkatkan Kreatifitas Siswa .(Online). Diakses dari Https://Bdkpadang.Kemenag.Go.Id, 10 Februari 2018.

Putra, Dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1, No 1 2012. (Online). Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id 10 Februari 2018.

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sarwinda, Wiratamasari. 2013. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Biologi SMA .Tesis dipublikasihkan. Malang : Universitas Negeri Malang. Diakses pada https://jurnal.uns.ac.id/prosbi 15 Februari 2018.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperatif Learning: Teori, Riset, Dan Praktik (Alih Bahasa: Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Torrance, E.P. 1979. Three Stage Model For Teaching For Creative Thinking. Columbus: Eric.

Zubaidah, Siti. 2016. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif. Journal Proceeding Biology Education Conference Vol. 13 (1) 2016. (Online). http://ejournal.unp.ac.id 12 Februari 2018.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v8i1.9319