PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA MUSBAR (KAMUS BERGAMBAR) PADA MATERI SAINS SD KELAS IV

Achmad Fikri Budianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah melaksanakan pembelajaran model NHT pada materi sains dengan media kamus bergambar, mengetahui aktivitas, respon dan keterlaksanaan siswa kelas IV di SD Negri Kelompang Timur II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan design Post Test Grup Only sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket respon dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media kamus bergambar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa termasuk kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode metode Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media kamus bergambar sangat positif yaitu dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar; (3) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode NHT termasuk kategori baik pada siklus I diperoleh dan siklus II termasuk kategori sangat baik

Keywords

Kooperatif tipe NHT, Media pembelajaran, Kmus bergambar, Aktivitas siswa, Respon siswa, Hasil belajar.

References

Ahmad & Mubiar. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan RemajaTinjauanPsikologi Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Aldi Darmawan 2017. Kamus Cilik Tiga Bahasa BergambarIndonesia, Inggris dan Ara. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

KBBI. 2016. Edisi kelima resmi diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pada edisi ini, KBBI memuat 127.036 lema yang versi cetaknya setebal 2.040 halaman, hampir dua kali lipat versi sebelumnya, 1.400-an halaman.

Wahidin 2013. Pengaruh Persepsi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Motivasi Terhadap Kreativitas Belajar. Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Yasin, Nur Alfiah (2013). Penerapan Pembelajaran Metode Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi

Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sunaengsih, Cucun. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakrediatsi A. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar Vol. 3 (2) 183-190.

Wulandari, Cyntia (2017) “Pengembangan kamus bergambar peralatan tata hidang untuk siswa jasa boga SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA”.Jurnal penelitian Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana.

Yohana. (2011). Teori dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Yunus, Abidin. (2017). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.Bandung: PT Refika Aditama.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v7i2.9316