PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 LAMONGAN

Authors

  • Dwi Uswatun Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiwi Wikanta Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jpb.v7i2.9309

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, Model kooperatif tipe picture and picture, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa, motivasi belajar siswa, dan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian menggunakan desain “Nonequivalent control group desainâ€. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data secara tes dan non tes (observasi). Data dianalisis secara deskrptif kuantitatif dan statistik uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata 83,84% dengan kategori sangat baik dan motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 78,4%. Analisis data statistik uji-T pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikan 0.00. Hasil keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa MAN 1 Lamongan pada kategori sangat baik.

References

Apriantoro, Andri. 2017. Perbedaan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested Dan Integrated Pada Materi Pelajaran IPS kelas VIII Di SMP PGRI Jombang. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ningrum, Ajeng Pramita Kusuma. 2016. Efektifitas Penerapan Metode Peer Learning Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi System Reproduksi Manusia Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Skripsi.Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang- Undang Nomer 4 Tahun 1982 Tentang Ketentuan- Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Mantira, Syaiful, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Sejarah Siswa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Puspitasari, D.B. 2012.Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. Yogyakarta: Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan

Sidauruk, Erina Manganjutua. 2016. Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Pada Kelas VIIB SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Published

2019-11-22

Issue

Section

Artikel