EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R PADA ,ATERI ANIMALIA TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MA DARUSSALAM SAMPANG MADURA

Luk Luk Ul Masfiah

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi belajar PQ4R pada materi Kingdom Animalia, 2) Mengetahui aktivitas siswa dalam pelaksanaan strategi belajar PQ4R pada materi Kingdom Animalia, 3)   mengetahui efektivitas penggunaan strategi belajar P4QR pada meteri Animalia terhadap keterampilan metakognitif siswa MA Darussalam Sampang Madura. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian keantitatif. Penelitian kuantitatif ini penggunaan strategi belajar PQ4R terhadap keterampilan metakokognitif siswa. Penelitian ini di uji cobakan pada siswa kelas X IPA. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest one  Group Design.  Sampel dalam penelitian adalah kelas X IPA di MA Darussalam Sampang Madura. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui nilai signifikasi (p) = 0,00 maka p < 0,05 maka ha di terima. Karena 00,00 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi PQ4R efektif terhadap keterampilan metakognitif siswa dan signifikan pada keretampilan metakognitif siswa.

 

 

Keywords

Kata Kunci: Strategi PQ4R, Keterampilan metakognitif siswa

References

Corebima, A. D,2010. Berdayakan keterampilan berpikir dan kemampuan metakognitif selama pembelajaran sains demi masa depan kita. Paper presented at Science National Seminar in State University of Surabaya, Indonesia January 16th 2010

Listiana at all,2016. Empowering Students Metacognitive Skilla Through New Teaching Strategy (Group Investigation Integrated Whit Think Talk Write) In Biology Classroom: Jurnal of Baltic Science Education

Listiana, L,2014. Realitas pengembangan keterampilan berpikir dalam pembelajaran biologi: studi pendahuluan di SMA Muhammadiyah se-Surabaya. Prosiding Seminar dan Workshop Nasional Biologi/IPA dan Pembelajaranya. Malang, 1-2 November 2014, Hal:340-347. Malang: FMIPA Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang, Indonesia

Nur, Mohammad,2005. Strategi-strategi belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Sumampouw, M.H, 2011. Keterampilan metakognitif dan berfikir tingkat tinggi dalam pembelajaran genetika. Manado : Universitas Negeri Manado

Marzano, R. J., Brandt, R. S., & Ges, C. S,1988. Dimension of Thinking A Framework For Currículo and Instruction. Alexandra, Virginia : Assosiation For Supervisoons and Curriculum Development (ASCD).

Marzuki M. R. E,2005. Implementation of Reciprocal Teaching Strategy in Jigsaw Model in order to Improve Competence and Response of Students on Learning of Concept of Human Reproduc-tion System in Grade II of SMAN 10 Malang. Program of Study Biologi Education. Postgraduate Program. Malang State Universi-ty.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v6i1.3902