Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak

Choirun Nisak Aulina, Agus Salim, Fitria Wulandari

Sari

Sains sangatlah dekat dengan kehidupan anak usia dini. Bagi anak-anak belajar sains adalah segala sesuatu yang menakjubkan, sesuatu yang ditemukan dan dianggap menarik serta memberi pengetahuan atau merangsangnya. Pengenalan sains untuk peserta didik TK/PAUD lebih ditekankan daripada produk (fakta,. konsep, teori, prinsip, dan hukum). Kegiatan ini dilaksanakan di TK Aisyiyah 1 Kalidawir Tanggulangin Sidoarjo. Kegiatan simulasi sains sederhana belum diterapkan di TK Aisyiyah 7 Kalidawir di minimnya kompetensi guru tentang konsep pembelajaran sains pada anak usia dini serta belum adanya buku pedoman pembelajaran sains untuk anak usia dini. Selain itu juga karena keterbatasan alat, bahan, dan media yang ada di TK Sehingga dilakukan peningkatan kompetensi guru tentang pembelajaran sains pada anak usia dini dengan melakukan pelatihan dan pendampingan, penyusunan buku/modul pembelajaran sains untuk anak usia dini sebagai acuan guru dalam implementasi simulasi sains pada anak usia dini serta pemenuhan media, bahan dan alat penunjang agar dapat menerapkan simulasi sains sederhana bagi anak TK.

Kata Kunci

Pembelajaran, Sains, Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

A. Skourdoumbis. (2014). Teacher effectiveness : making the difference to student achievemen? British Journal of Educational Studies, 62(2), 111–126.

Dadan Suryana. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak (Cetakan Ke). Prenadamedia.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. 4(1).

Hendarwati, E., Setiawan, A., & Aristiana, P. R. (2017). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembelajaran Inovatif , Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Pembukuan Pada Bunda PAUD kegiatan Paud Mutiara Bunda Dalam kegiatannya Paud Mutiara. 1(2), 81–91.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12

Permendikbud RI No, 146 Tahun 2014. (2014). In Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republikn Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Susiani, T. S., Salimi, M., & Suyanto, I. (2017). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Bidang Pendidikan Seni Melalui Lesson Study Berbasis Sekolah Di Sdit Al-Madinah Kabupaten Kebumen. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 24–29.

Syaiful Sagala. (2013). Kemmapuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i1.4671

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.