Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan karena masih ditemukan beberapa kelemahan dari pengelolaan pondok pesantren. Umumnya masalah tersebut bermula dari aktivitas keuangan pesantren baik yang berkaitan dengan anggaran, akuntansi, penataan administrasi, alokasi serta kebutuhan pengembangan pesantren maupun dalam proses aktivitas keseharian pesantren. Tidak sedikit pesantren yang memiliki sumber daya baik manusia maupun alamnya tidak tertata dengan rapi, dan tidak sedikit pula proses pendidikan pesantren berjalan lambat karena kesalahan dalam penataan manajemen keuangannya. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di di pondok pesantren Qotrun Nada Depok Jawa Barat. Peserta diberikan pelatihan pemahaman dan pengetahuan pengelolaan keuangan secara komputerisasi dan pembuatan laporan keuangan yang baik serta kiat-kiat dalam mengelola pengendalian biaya yang rutin dikeluarkan baik yang terjadi pada saat usaha maupun pengeluaran rumah tangga pesantren sehingga mampu mengatasi pengeluaran yang besar. Kesimpulan yang diperoleh terdapat peningkatan pemahaman dan pengetahuan pengelolaan keuangan serta teknik dalam membuat bentuk laporan keuangan yang baik dan benar baik secara manual maupun terkomputerisasi.

Kata Kunci: pengetahuan keuangan; laporan keuangan; komputer akuntansi


ABSTRACT 

This community development activity was carried out because there were still some weaknesses in the management of pesantren. Generally, the problem starts from the pesantren's financial activities both related to the budget, accounting, administration managements, allocation and development needs of the pesantren and even in the process of pesantren's daily activities. Many pesantren with its resources both human and natural are not neatly arranged, and also the process of pesantren education runs slowly due to errors in financial management arrangements. The implementation of community develompent is done at the Pesantren Qotrun Nada in Depok, West Java. Participants are given training in understanding and knowledge of financial management manually and also accounting computerized application. Participants are also given a training materials of good financial report preparation and tips on managing routine cost control. The conclusions obtained are an increase in understanding and knowledge of financial management for all participants and also understand the techniques in making good financial statements both manually and computerized.

Keywords: financial literacy; financial statements; accounting computerized

Kata Kunci

Pengetahuan Keuangan Laporan Keuangan Komputer Akuntansi

Rincian Artikel

Referensi

  1. Anwar, Kasful. 2010. Kepemimpinan Kiai Pesantren: Studi terhadap Pondok Pesantren di Kota Jambi. Konstekstualita. Volume 25 No. 2. Hal. 225-254
  2. Arifin, Zainal dan Ikhsan Budi Riharjo. 2013. Pertanggungjawaban Keuangan Pondok Pesantren : Studi pada Yayasan Nazhatut Thullab. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol. 3. No.11.Hal.1-13
  3. Fess, Reeve, Warren. 2009. PengantarAkuntansi dan Bisnis Edisi ke-21. United South Western: Thomson.
  4. Fitri, Afriliana. 2014. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukit Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1, Hal. 33-39.
  5. Kieso, Weygandt, Warfield. 2010. Intermediate Accounting Volume 1 dan 2 IFRS Edition. United States: University of California, Santa Barbara.
  6. Paramita, Ayu Candra Dian Paramita. Fridayana Yudiaatmaja, dan I Wayan Bagia. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4. Hal. 1-12.
  7. Robins, Stephen P dan Mary Coulter. 2010. Manajemen. Jilid 1 dan 2. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
  8. Subkhan. 2012. Peranan Kyai Dalam Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Asma’ Chusna Kranji Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Journal of Economic Education. Volume 1 Nomor 1. Hal. 79-83
  9. Suyono. 2013. Komputer Akuntansi Kelas IX Jilid I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  10. Usman, Idris Muhammad. 2013. Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Al Hikmah. Volume XIV no. 1.Hal. 101-119
  11. Yakin, Nurul. 2014. Studi Kasus Pola Manajemen Pondok Pesantren Al-Raisiyah di Kota Mataram. Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, Volume 18 Nomor 1. Hal.199-220