Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk: (1) mengetahui tahapan implementasi lima layanan PAUD Holistik Integratif anak usia 4-6 tahun, (2) mengetahui hasil implementasi lima layanan PAUD HI. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian 40 ibu yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Lokasi penelitian PAUD Buah Hati Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran Kab.Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Analisis data mengunakan deskriptif. Temuan-temuan hasil penelitian: (1) tahapan pelaksanaan penyusunan RPPH dan RPPM yang berubah sesuai layanan 5 PAUD HI, (2) hasil implementasi temuan-temuannya: layanan kesehatan dan gizi  sangat baik,  layanan perawatan sangat baik, layanan pendidikan sangat baik, layanan perlindungan cukup, layanan kesejahteraan sangat baik. Kesimpulan pengabdian kepada masyarakat ini: (1) layanan perlindungan dilakukan penyuluhan melalui program kegiatan parenting sebanyak 7 kali, serta layanan kesejahteraan yaitu pengurusan Akte Kelahiran peserta didik PAUD Buah Hati sejumlah 6 anak.

Kata Kunci

PAUD Holistik Integratif anak usia dini 4-6 tahun.U

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Luluk Asmawati, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

PGPAUD

Referensi

  1. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. UU nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
  3. Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang Stabdar Pelayanan Minimal.
  4. Peraturan Presiden RI nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan PAUD HI.
  5. Peraturan Presiden RI nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 84 tahun 2014 tentang Pendirian Satuan PAUD.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013.
  9. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD HI di Satuan PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Yulianto, D., Lestariningrum, A., dan Utomo, H.B. 2016. Analisis Pembelajaran HI Pada Anak Di TK Negeri Pembina Grogol Kab.Kediri, 10 (2). 49-55. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.05.
  11. Akbar, A.A., 2018. Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan PAUD. Awlady Jurnal Pendidikan Anak, 4 (2), 37-164.
  12. Hajati, K. 2018. Pelaksanaan PAUD HI Dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini Di Kab. Mamuju Sulawesi Barat. Indonesia Journal of Educational Science (IJES) I (1). 17-24.
  13. Wahyuni, F. 2019. PAUD Holistik Integratif. Qalamuna, 2, 61-72.
  14. Fauzi, F., Supa’at, S.A., Ifada, N.J.Q.I.J.o.I.S. 2019. Holistic Integrative Education System in an Islamic Kindergarten. 7 (2). 399-414. https://doi.org/10.21043/qijis.v712.6449.
  15. Ulfah, M. 2019. Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga Pada PAUD Fullday. 4 (1), 10-19. https://doi.org/10.31004/obsesi.V411.255.
  16. Dini, J.P.A.U. 2021. Penerapan PAUD HI Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi. Jurnal PAUD, 5 (2), 1870-1882.
  17. Oktaviani, Dewi Ayu; Dimyati. 2021. Penerapan PAUD HI Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal PAUD Vol 5 Issue 2 (2021) Pages 1870-1882. ISSN: 2549-8959 (online). 23-1327 (print). https://doi.org/10.31004/obsesi.V5i2.995.
  18. Adiarti, W., Puji Astuti, H., Sularti Dewanti Handayani, S. 2017. The Implementation of Holistic Integrative Services in Eraly Childhood Education: Perspective on 2013 Early Childhood Education Curriculum in Indonesia. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.51.
  19. Almatsier, Sunita. 2005. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  20. Ambarwati. 2009. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogjakarta: Mitra Cendikia Offset.
  21. Asrinah dkk. 2010. Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan. Yogjakarta: Graha Ilmu.
  22. Danusanto. 1991. Rokok dan Perokok. Jakarta: Aksara.
  23. Dariyo. 2007. Perkembangan dan Pertumbuhan Batita. Yogjakarta: Liberty.
  24. Depkes RI. 2002. Tabel Status Gizi Balita. Jakarta: Depkes.
  25. Depkes RI. 2005. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbang Anak. Jakarta: Depkes.
  26. Depkes RI. 2010. Pedoman Umum Gizi Seimbang. Jakarta: Depkes.
  27. Depkes RI. 2013. Buku Saku Petunjuk Pemanfaatan TOGA. Jakarta; Depkes RI.
  28. Djuanda. Adhi dkk. 2011. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Edisi 6. Jakarta; FKUI.
  29. Itjiningsih. 1995. Anatomi Gigi. Jakarta: EGC.
  30. Kadarisman, R.S. 1996. Retina: Optalmologi Umum. edisi 2. Jakarta: Widya Medika.
  31. Manuaba dkk. 2010. Ilmu Kandungan, Penyakit Kandungan, dan KB. Jakarta: EKG.
  32. Monika, F.B. 2014. Buku Pintar ASI dan Menyusui. Jakarta: Novra Books Publishing.
  33. Sulistyoningsih. 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Jogjakarta: Graha Ilmu.
  34. Sulistyowati, Ari. 2012. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Mediaka.
  35. Suradi R. Hegar B. Partiwi Igan dkk. 2010. Indonesia Menyusui. Jakarta: IDAI.
  36. Sutomo, Budi. 2016. Menu Harian MPASI Untuk bayi 6-24 Bulan. Jakarta: Anak Kita.
  37. walker, Peter. 2011. Panduan Lengkap Pijat Bayi Untuk Merangsang Tumbang dan terapi Kesehatan. Jakarta: Puspa Swara.
  38. Warisman. 2010. Ilmu Gizi. Jakarta: Pustaka Setia.
  39. WHO, UNICEF. 2009. Breasfeeding Counselling: A Training Course. Geneva: WHO.
  40. WHO. 2009. Infant And Young Child Feeding. Geneve: WHO.