Isi Artikel Utama

Abstrak

Panti Asuhan merupakan lembaga nirlaba yang memberikan pelayanan kepada anak asuh dengan berbagai aktifitas. Salah satunya adalah pemberian pendidikan keterampilan yang berbasis pengembangan motorik anak. Keterampilan motorik ini perlu diberikan untuk menanggulangi ketergantungan dan kecanduan gawai yang saat ini luar biasa pengaruhnya. Kegiatan keterampilan yang dilaksanakan adalah melukis, yang merupakan keterampilan dasar bagi anak anak. Dalam melukis ini, media yang digunakan adalah botol kaca, yang bisa menjadi souvenir maupun asesoris. Ini untuk memberi pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta akan karakter dan peralatan yang digunakannya. Pelaksanaan kegiatan dengan model pendampingan, peserta dibagi dalam beberapa kelompok supaya transfer pengetahuan dan keterampilan bisa maksimal. Tiap peserta mengerjakan objek dalam kelompoknya dengan dibimbing oleh instruktur dan pendamping dari POLNES. Hasil karya peserta di pajang untuk direview dan dipamerkan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta mampu membuat souvenir dan asesoris dengan menggunakan bahan dan media yang ada di sekitar kita, terutama botol kaca sehingga bisa memberi nilai tambah dari bahan limbah, dan ke depannya bisa untuk membuka usaha atau kegiatan sampingan yang menghasilkan pendapatan.

Kata Kunci

asesoris botol kaca melukis souvenir

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abidin, R., & Rahayu, A. P. (2016). PENDAMPINGAN PENDIDIKAN ANAK USIA (PAUD) CAHAYA BUNDA DI JEMBATAN MERAH KOTA SURABAYA. Axiologiya, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 6. doi:http://dx.doi.org/10.30651/aks.v1i1.307
  2. Cinthya, A., & Kusuma, H. B. (2018). MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI PELATIHAN MEMBUAT KARYA DENGAN MEMANFAATKAN BOTOL PLASTIK BEKAS. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2, 7. doi:http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1129
  3. Firasaty, O. (2017). KREATIVITAS MELUKIS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN LIMBAH DI PAUD ISLAMIC CENTRE KABUPATEN BREBES. (S1). UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Semarang.
  4. Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, A. (2021). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS. PERNIK Jurnal PAUD, 4, 12. doi:http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338
  5. Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, W. (2021). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS. PERNIK Jurnal PAUD, 4, 12. doi:http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338
  6. Hidayatullah, A. (2016). Pendampingan Pendidikan Anak di Kelurahan Genteng Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7. doi:10.30651/aks.v1i1.296
  7. Noviana, M., H. M. A. P. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN HOOPART BERBAHAN KAIN GONI DENGAN ORNAMEN DAYAK SEBAGAI PENGEMBANGAN ILMU ARSITEKTUR BAGI GURU-GURU TK ÃISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAMARINDA. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BORNEO, 4(1), 9.
  8. Nafisah, S. J. ARTI KEHIDUPAN ANAK ASUH PANTI ASUHAN MEANING OF LIFE IN THE ORPHAN. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9.
  9. Ningrum, N. A. (2012). HUBUNGAN ANTARA COPING STRATEGYDENGAN KENAKALAN PADA REMAJA AWAL. JURNAL PSIKOLOGI, 7(1), 9.
  10. Noviana, M., & Thamrin, N. H. (2019). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Perbaikan Visual Kawasan Loa Buah, Samarinda. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). doi:10.30651/aks.v4i1.3386
  11. Panti asuhan. (2017). Retrieved from Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.html
  12. Ratih Kartika Werdiningtiyas1, D. D. C. (2017). Workshop Tari Anak di SD Negeri Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 4. doi:10.30651/aks.v1i2.840
  13. Siregar, P. S., Sihite, O., & Erdansyah, F. (2019). ANALISIS KARYA LUKIS PADA BOTOL KACA BEKAS DENGAN MENERAPKAN ORNAMEN SUMATERA UTARA OLEH SISWA KELAS XI SMAS AL-WASHLIYAH PASAR SENEN