Dampak Intensitas Game Online terhadap Remaja Desa Pohsangit Lor Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo

Usman Alkarim

Abstract

Semakin berkembangnya dunia tekhnologi terutama dibidang Internet sehingga perusahaan – perusahaan seperti game online juga semakin gencar untuk membuat game online. Target utama mereka adalah remaja/pemuda dan pada akhirnya membuat para pemuda menjadi kecanduan dalam bermain game online dan pada akhirnya game online memberikan dampak pada religiusitas remaja. Permainan ini yang sangat  diminati olehpara remaja setiap hari mereka menghabiskan waktu bersama smartphone-nya tanpa mengetahui dampak yang akan mereka dapatkan  sehingga membuat resah para orang tuanya bahkan dengan adanya game online ini para remaja ada yang sampai nekat mencuri, berbohong serta membentak-bentak orang tuanya bilamana orang tuanya tidak memberikan uang untuk membeli paket data/ kuota.Para remaja yang sudah kecanduan game online kini rasa sosial dan sikap keagamaannya sudah semakin berkurang, bahkan mereka sudah tidak memperhatikan kondisi kesehatannya. Maka di lakukannya penelitian ini dengan bertujuan untuk mengetahui intensitas game online pada remaja desa pohsangit lor kec.wonomerto serta dampak Intensitas game online pada religiusitas remaja desa pohsangit lor kec.wonomerto kab.probolinggo. Metode Kajian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis field research dengan pengumpulan data melalui  pengamatan(observasi),  wawancara, dan dokumentasi.Dengan demikian, kesimpulan yang didapat adalah bermain game online membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menaikkan level serta untuk memenangkan gane tersebut, sehingga hal ini juga membawa dampak pada religiusitas remaja desa pohsangit lor kecamatan wonomerto kabupaten probolinggo seperti halnya mereka mulai meninggalkan shalat 5 waktu ,kurangnya disiplin ,malas, berani berbohong kepada orang, membentak – bentak orang tuanya.

Keywords

intensitas game online, Remaja, dan Religiusitas

Full Text:

Pdf

References

Ali, Z. (2019). PENGARUH DARI DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 2 SALATIGA. X(1), 122–133.

Alif Harsan. (2015). Alif Harsan.

ARISdirgayunita. (2020). Pendidikan keluarga sakinah dalam perspektif hokum islam dan psikologi (pp. 163–174).

CIK’Na’imah. (2017). cik na’imah (pp. 726–732).

DH.muhammad. (2018). makna pluralisme pendidikan disekolah (pp. 133–143).

Fuad, A. (2015). Implementasi pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasibelajar siswa di smp muhammadiyah 1 kota probolinggo. (pp. 939–948).

Hidayah, U. (2018a). REKONSTRUKSI EVALUASI PENDIDIKAN MORAL. 05(01), 69–81.

Hidayah, U. (2018b). Rekonstruksi Evaluasi Pendidikan Moral Menuju Harmoni Sosial. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81.

HR.Bukhari & muslim. (n.d.).

IZZA, F. K. (2019). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA MODOPURO MOJOSARI Skripsi : PROGRAM STUDI AGAMA-AGAMA. -, 89.

Kasak, E. (2013). Islam, Agama-Agama dan Nilai Kemanusian (p. 261).

Khosiyah, N. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam pembentukan kepribadian anak yang islami di roudlotul atfal.

Nashori, F. dan R. D. M. (2012).

Piliang.Y.A, O. cit. (2015). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak Disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Penyusun Nama : Ananda Erfan Musthafa NI. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Penyusun Nama : Ananda Erfan Musthafa NIM, 1–13.

Piliang.Y.A, O. cit. (2018). Dampak Game online.

Prasetiya, B. (2019). TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN DI INDONESIA. XIX(2), 99–111.

Purnamasari, I., Setiani, E. D., Nurliawati, E., & Ramadhan, G. (2019). Analisis Dampak Game Online Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK ) Pada Mahasiswa / i Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta. 2, 1–9.

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends : Bang Bang terhadap Mahasiswa Impact of Online Mobile Legends Game : Bang Bang for Students. 7(1), 6–12.

RI, K. (2018). AL-Qur’AN.

Ridho, S. (2018). GAME ONLINE DAN RELIGIUSITAS REMAJA ( Studi di Desa Tanjung Iman Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara ) SKRIPSI Oleh : SEPRI RIDHO NPM : 1431090117 Program Studi : SOSIOLOGI AGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1440 H / 2018 M. 1–94.

Slamet Rianto. (2012). Dampak game online bagi perilaku siswa sekolah dasar di kelurahan gunung pangilun kecamatan padang utara kota padang jurnal.

Susandi, A. (2019). Pengajaran guru pendidikan dasar diera milenial dalam membentuk moral siswa.

Ulfa, M. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan Hr.subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–13. https://www.neliti.com/id/publications/119938/pengaruh-kecanduan-game-online-terhadap-perilaku-remaja-di-mabes-game-center-jal

Yang, D. (2005). A Study of the Effect of Social Influence on the College S tudent ’ s Attitude and Behavior for Playing Online Games. 2003.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/ah.v8i1.12276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.